teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Friday, July 27, 2018

DANRAMIL PASAR KLIWON MENGHADIRI ACARA PELUNCURAN SOLO UNIVERSAL HAELTH COVERGE ( UHC ) DI PENDHAPI GEDHE SURAKARTA

Jum'at tanggal 27 Juli 2018 pukul 08.30 s.d 09.45 bertempat di Pendhapi Gedhe  Komplek Balaikota Surakarta Jl. Jend Soedirman No. 2 Kel. Kampung Baru ,Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta telah berlangsung giat Peluncuran Solo Universal Haelth Coverge (UHC) Kepesertaan Program JKN-KIS Kota Surakarta. Yang di selenggarakan Badan Penyelenggara jaminan kesehatan  Kota surakarta,dan penganggung jawab kegiatan Agus Purono (Ketua Cabang Surakarta) yang diikuti lk 150 Orang.

1). Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :

a). FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta).
b). Dr. H. Ahmad Poernomo Apt (Wakil Walikota Surakarta)
c). Kapten Cba Kurdi (Danramil 05/Pasar kliwon
d). Drs Tamso MM (Kakesbangpol Kota Surakarta)
e). Dr.Yulianto Prabowo M.Kes (Kepala Dinas Kesrhatan Prov Jateng)
f). Andayani Budi Lestari (Direktur perluasan dan Pelayanan Peserta)
g). Aris Jatmiko (Deputi Direksi Wil Jateng Dan DIY)
h). Agus Purwono (Kepala cabang Surakarta)
i). Siti Wahyuningsih (Dinas Kesehatan Kota Surakarta)
j). Ari Dwi Daryatmo  Sip.MM (Camat Pasarkliwon)

2). Inti sambutan 2Andayani Budi Lestari (Direktur perluasan dan Pelayanan Peserta) sebagai berikut :

a). puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pada siang hari ini kita semuanya hadir di satu peristiwa yang sangat penting untuk negara Indonesia khususnya bagi penduduk kota Surakarta yaitu peluncuran universal health coverage jaminan pelayanan kesehatan rasional kartu Indonesia sehat untuk warga di Kota Surakarta yang kita cintai ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah kota Surakarta serta seluruh pemangku kepentingan yang turut berperan aktif dalam menyiapkan masyarakat Indonesia khususnya penduduk kota Surakarta 
b). melalui program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat atau JKN Kis Bapak Walikota dan hadirin yang kami hormati pada kesempatan yang istimewa ini marilah kita kembali mengingat falsafah dan dasar negara yaitu Pancasila terutama sila yang kelima yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas keadilan sosial termasuk hak yang sama dalam memperoleh akses di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman bermutu dan terjangkau.
c). Pada bulan januari Th 2014 diselenggarakan program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat atau JKN Kis yang kepesertaannya terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia baik yang mampu maupun yang kurang mampu secara finansial selama lebih dari 4 tahun berjalan pertumbuhan peserta program jaminan kesehatan nasional terbilang cukup besar di mana pada hari ini jumlah peserta secara rasional adalah 199,2 juta atau 76% dari total penduduk yang ada di Indonesia.
d). Kami sampaikan kepada Bapak Ibu sekalian sekarang 476 kota Kabupaten yang luar biasa Karena Kota Surakarta adalah Pemerintah Daerah Tingkat tertinggi di Jawa Tengah yang telah melindungi masyarakatnya dalam program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat kota Kabupaten ke 124 seindonesia yang telah universal hal ini sangat penting dan Merupakan suatu kebanggaan bagi penduduk warga Kota Surakarta Karena sekarang sudah sejarah Bapak Bapak Ibu sekalian dilindungi program jaminan kesehatan nasional kata bijak sehat mengandung pada peta jalan menuju jaminan kesehatan nasional 2012-2019 seluruh jam kerja di wajibkan berintegrasi ke dalam program jaminan kesehatan paling lambat 1 Januari 2019 Artinya bahwa Kota Surakarta istilahnya kalau di pusat namanya seperti yang lain belum semuanya tetapi Kota Surakarta sudah mendahului sejalan dengan hal ini pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri juga telah menerbitkan surat Mendagri demikian yang kami sampaikan Semoga apa yang kita lakukan mendapatkan bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa terima kasih.

3). Inti sambutan FX Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta)sebagai berikut:

a). Puji syukur dipersembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan rahmat Nya kita dapat hadir dalam acara Peluncuran Solo Universal Health Coverage dengan keadaan sehat dan tanpa kurang suatu apapun.
b). Kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan Kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta berupaya memenuhi dan mengembangkan sarana-prasarana layanan kesehatan termasuk dalam pembiayaan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional yang diwujudkan melalui Kartu Indonesia Sehat yang didanai APBD Kota Surakarta kepada seluruh warga masyarakat.
c). Program 100% Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi warga masyarakat adalah kebijakan pemerintah pusat dalam mewujudkan Solo Universal Health Coverage. Hal ini sesuai Undang -undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dimana pada 01 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia harus terdaftar dalam Program JKN KIS atau Universal Health Coverage.
d). JKN-KIS diperuntukkan bagi seluruh warga masyarakat Indonesia agar memperoleh manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Untuk itu Pemerintah Kota berusaha menjamin perlindungan kesehatan masyarakat deml terwujudnya masyarakat yang Wares.
e). Program Universal Health Coverage diharapkan dapat memberikan manfaat dan jaminan pelayanan fasilitas kesehatan dengan tidak membedakan peserta berdasarkan status sosial. Pemegang JKN-KIS memiliki hak kesehatan yang sama dengan pasien umum.
f). Semoga Peluncuran Solo Universal Heatth Coverage pada pagi hari ini dapat menjadi gerbang utama dalam mewujudkan masyarakat Kota Surakarta yang waras dan 100%.

No comments:

Post a Comment