teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, August 13, 2018

DAMPINGI TEAM ROTARY DANRAMIL 03 SERENGAN DAN BABINSA CEK LOKASI MCK RENCANA BANTUAN

Selain menangani orang terlantar dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), Rotary club juga memiliki program kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya pembuatan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Sehubungan dengan pembuatan MCK tersebut maka pada hari kamis tanggal 9 agustus 2018 pukul 08.00 Danramil 03 Serengan kodim 0735 Surakarta Kapten Inf Subardi beserta Babinsa Danukusuman  Serka Fitalis , Kopral Tito dan Babinsa kemlayan Serma Ponimin, serka Hakib mendampingi pihak Rotary Club dalam rangka meninjau lokasi pembangunan MCK yang akan mendapat bantuan dari Rotary Club.  Bertempat di Kec.  Serengan. 

Danramil Kapten Inf Subardi mengatakan, Bahwa di wilayah tugasnya kec.  Serengan masih banyak warga yang tidak mempunyai MCK pribadi karena keterbatasan tempat.  Mereka pada umumnya menggunakan MCK umum secara bersama - sama.  Namun kebanyakan MCK umum tersebut kondisinya sudah banyak yang rusak.  Selain karena usia bangunan yang sudah lama atau karena kurangnya rasa memiliki masyarakat sehingga banyak MCK yang rusak,  kotor dan jorok.  Walau bangunan MCK tersebut baru. 

Program pembangunan MCK merupakan bentuk kepedulian dan kerjasama antara Kodim 0735 Surakarta yang dilaksanakan  oleh Koramil Jajaran dan pihak Rotary Club terhadap kebersihan sanitasi lingkungan warga. 

"Kami berharap ke depan tidak ada Iagi warga yang BABS (Buang Air Besar Sembarangan) ke sungai, sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Selain itu bila nantinya MCK sudah di bangun masyarakat sekitar lingkungan harus peduli.  Ikut menjaga terutama masalah kebersihan. Percuma kita bangun banyak-banyak MCK kalau masyarakatnya apatis dan jorok terhadap kondisi lingkungan." kata Kapten Inf Subardi. Hal ini di sampaikan kepada para ketua RT dan RW yang ikut meninjau lokasi MCK.

Selain itu Kapten Inf Subardi mengatakan, Rotary beserta koramil jajaran Kodim 0735 Surakarta terus berupaya menggugah kesadaran masyarakat secara berjenjang untuk mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dari hasil survei, kata dia, masih banyak warga surakarta yang belum memiliki tempat pembuangan sendiri. Ha| ini di karenakan rumah para warga yang sempit. Sehingga warga banyak menggunakan ruang dalam rumah sebagai tempat tinggal.

No comments:

Post a Comment