teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Saturday, November 25, 2017

DANRAMIL 05 PASAR KLIWON KODIM 0735 SURAKARTA HADIRI HAJAD DALEM SISKS PB XIII GREBEG MULUDDAN


Hari Jum"at tgl 24 November 2017 pukul 13.30 s.d 14.30wib bertempat di Masjid Agung Kota Surakarta Jl. Masjid Besar No.1 Kel. Kauman Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah dilaksanakan Hajad Dalem SISKS PB XIII Grebeg Muluddalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW/Tahun Baru Hijriah 1439 H/2017 Myang diselenggarakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai Penanggung jawab kegiatan KGPH Drs. Dipo Kusumo, M.Si yang dihadiri ± 150 orang.
a. Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :

1) KGPH Puger.
2) KGPH Drs. Dipo Kusumo, M.Si
3) KPH Dr. Edy Wirabhoemi, SH. MM
4) KPH Satrio.
5) GRay Drs. Koes Moertiyah, M.Pd (Goesti Moeng)
6) GRay Dra. Wandansari, M.Pd
7) GRay Koes Isbandiyah, SH
8) GRay Koes Indriyah.
9) Kapt CBA Kurdi (Danramil 05/Psk)
10) AKP Aditya (Kapolsek Pasar Kliwon)
11) Sentono Dalem.
12) Abdi Dalem.

b. Adapun inti yang disampaikan oleh KGPH Drs. Dipo Kusumo,M.Si sebagai berikut :
1) Assalamualaikum wr wb, Sholawat serta salam tak lupa mari kita haturkan kehadirat Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kita berjuta nikmat hingga kitabisa berkumpul dalam acara Pembukaan Sekaten ini, saa disini atas perintah dari SISKS PB XIII karenabeliau berthalangan hadir dikarenakan kesehatan beliau sedang tidak baik.
2) Dalam ajaran Islam NAbi Muhammad SAW merupakan Rosul pembawa ajara Islam yang merupakan sumber kebenarannya dimuka bumi, sehingga wajar jika hari hari kelahirannya diperingati olehseluruh umat Islam dan dalam ajaran Islam juga disebutkan bahwa manusia harus selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT.
3) Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai Kerajaan Islam secara rutin memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, secara rutin pula mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan YME. Demikedua tujuan itu KasunananSurakarta Hadiningrat menggelar Upacara Tradisonal Gerebeg Sekaten yang merupakan salah satu Upacara Tradisional yang bertahan sejak berabad lalu.
3) Upacara yang syarat dengan symbol symbol tersebut diadakan setiap tahun sekali sekaligus sebagai sarana dakwah agama Islam yang dilaksanakan di Serambi Masjid Agung Surakarta dengan kegiatan ceramah serta kegiatan dan lomba Islami.
4) Dengan demikian Perayaan Sekaten berarti Peringatan agar seseorang hidup dengan cermat menimbang atau menilai hal yang baik dan hal yang buruk, dengan tujuan manusia hidup harus dengan batas dan membatasai diri untuk tidak berbuat hal yang tidak baik yang tahu akan batas kebaikan dan kebatilan.
5) Puncak Sekaten dilaksanakan pada hari ketujuh pelaksanaan Sekaten tepatnya pada tanggal 12 Rabiul awal dan Upacara Penutupan Sekaten ditandai dengan Keluarnya Gunungan Mulud yang memuncaki Gerebeg Sekaten, dimana Gunungan tersebut diantar hingga Tratag Rambat selanjutnyadi doakan para ulama di Serambi Masjid Agung lalu dibagikan dengan merata kepada masyarakat yang menyaksikannya untuk memberikan pelajaran kepada manusia bahwa manusia harus mampu menerima dengan ikhlas atas rejeki dan anugerah Allah SWT tanpa memiliki sifat dan sikap tamakserta rakus.

c. Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut :
1) Pukul 09.54 Gamelan Gongso Sekaten Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur Madu dibawa menuju Ke Masjid Agung Kota Surakarta Jl. Masjid Besar No. 1 Kel. Kauman Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta.
2) Pukul 10.04Gamelan Gongso Sekaten Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur Madutiba di Masjid Agung Kota SurakartaJl. Masjid Besar No. 1 Kel. Kauman Kec. Pasar Kliwon Kota Surakartaselanjutnya Gamelan Gongso Sekaten diserahkan oleh KRT Hartono Wignyodiningrat (Utusan SISKS PB XIII) Bp. Slamet Abi (Penasehat Masjid Agung)
3) Pukul 13.30 Acara dimulai dengan Pembacaan Ayat suci Al Qur’an dan Doa Bersama.
4) Pukul 13.57 Acara selesai ditandai dengan Pemukulan Gamelan Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur Madu. (IT Kodim 0735 Surakarta)

No comments:

Post a Comment