teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Thursday, November 23, 2017

Danramil 5 Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Rapat koordinasi tentang Hajad Dalem Grebek Muludan


Rabu tanggal 22 November 2017 pukul 15.00 Wib - selesai bertempat diSasono Putro Komplek Kraton Surakarta Hadiningrat yang beralamat diJln. Sasono Mulyo No1 Rt.01 / Rw. 01 Kel. Baluwarti Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung giat Rapat koordinasi tentang Hajad Dalem Grebek Mulud dan dalam kegiatan tersebut selaku prnanggung jawab adalah Drs. GPH. Dipokusumo Msi. Dan dalam kegiatan tersebut dihadiri lk 30 orang.
Hadir dalam giat tersebut sebagai berikut :
- Kapten Cba. Kurdi (Danramil Pasar Kliwon)
- AKP.  Sukarda (Mewakili Kapolresta Surakarta.
- Sahuri (Mewakili Lurah Baluwarti)
- KH. Mutarom (Masjid Agung Surakarta)
-Iptu Edy Purwanto SH (Kanit Intelkam Polsek Pasar Kliwon)
- Ibu Sri Winarni (Mewakili Camat Pasar Kliwon)
- Sri Hastotomo (Karawitan Kraton Surakarta)
-Linman SH. ( Dishub Kota Surakarta)
- Dani (Pengageng Sasono Wilopo)
- Danang ( Umum Kraton)
- Kanjeng Sunu ( Koordinator Keamanan)
- KRT. Citro (Abdi Dalem)
- GRAY. Rahmaniah ( Sentono Dalem)
- GRAY. Kus Sapardiah ( Sentono Dalem)
- Wartawan cetak maupun elektronik.
- Abdi dalem.
3. Inti sambutan dari Drs. GPH. Dipokusumo Msi, adalah sebagai berikut :
a. Kami ucapkan terimakasih atas kehadiri atas undangan perispan upacara grebek sekaten pada tahun ini yang ditentukan dari pihak kraton.
b. Dalam pelaksanaan giat grebek besar menurut kalinder tetdapat delapan tahun perhitungan dengan terkait dengan kelahiran Nabi Muhammad.

c. Ketentuan dengan upacara giat tersebut bertempatan dengan Maulud Nabi Muhammad, perbedaan dalam upacara ini adalah 8 tahun penaggalan jawa dengan penandaan penanaan Nasi, hal ini sesuai dengan cerita dulu dimana tentang joko Tarup, ini initinya dimana dalam berumah tangga antara pria dan wanita mempunyai tugas masing-masing.
d. Urutanya begini dalam upcara maulid nabi.
- Upacara sekaten yang diadakan oleh raja dengan upacara sekaten,jadi upacara sekaten dapat dilajukan oleh semua masyarkat yang beragama Islam.
- Pada saat itu gamelanya tidak lengkap sehingga sunan kalijogo memerintahkan untuk melengkapi dan gamelan tersebit dibunyikan dimasjid, dulu gamelan merupakan suatu hal yang sangat sakral.
f. Durasi dalam giat tersebut sebelum masuk masjid harus bisa membaca shadat seharusnya dipasar cibdramata dulu ada gapuro sebagai penanda masuk masjid sebagai penanda untuk belajar tentang siar agama Islam.
g. Rute kraton saput urang sebelah barat keutara dan masuk keMasjid Agung Surakarta, pukul 09.00 Wib sehingga tidak mengganggu acara sholat jumat, mengingat acara tersebut bertempatan dengan hari jumat,untuk undangan dari Muspida Kota Surakarta, Krabat Kraton dan yang akan menyampaikan sambutan pak walikota dan dari kerabat krayon akan menyampaikan riwayat sejarah pelaksanaan giat upacara,pada saat gending akan dibunyikan pada hari jumat tersebut dan akan berhenting bila ada kumandang azan.
4. Catatan : 
a. Adapun susunan acara Hamiwiti ungelipun gongsa sekaten pada hari jumat tanggal, 24 November 2017 adalah sebagai berikut :
- Pukul 08.00 - 09.30 Wib :Abdi Dalem berkumpul diKraton Surakarta Hadiningrat.
- Pukul 09.30 - 10.00 Wib : Utusan Dalem, Sentana Dalem, Abdi Dalem, beserta Gamelan Sekaten keluar melalui Kori Kamandungan Karaton Surakarta Hadininrat menuju Masjid Agung Karaton Surakafta Hadiningrat. 
Keterangan : Kori Kamandungan - Sapit urang Barat - Menuju Masjid Agung Kraton Surakarta Hdiningrat.
- Pukul 12.30 - Selesai : Tamu Undangan Hadir 
i. Pembukaan 
ii. Sambutan Walikota Surakarta atau yang mewakili 
iii. Sambutan dari Utusan Dalem SISKS Pakoe Boewono XIII (bembacaan sejarah sekaten) 
iv. Pandonga oleh Abdi Dalem Pengulu Tapsir Anom/ Ta’mir Masjid Agung Karaton Surakarta Hadinigrat 
v. Utusan Dalem SISKS Pakoe Boewono XIII, Drs. GPH. Dipokusumo, M.Si. (Pengageng Parentah Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat) ndhawuhaken ungelipun Gangso (gamelan) Sekaten. 
vi. Ramah tamah di Bangsal Masjid Agung Karaton Surakarta Hadinigrat.
(IT Kodim 0735 Surakarta)

No comments:

Post a Comment