teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, December 10, 2018

DEKLARASI ODF (open defecation free) STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN KELURAHAN KAMPUNG SEWU


Bertempat di depan kantor kelurahan kampung sewu babinsa kampung sewu koramil 04/jebres kodim 0735/surakarta sertu suparno dan serda lalu adi jaya pantau giat jalan sehat dalam rangka Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan.
Jum'at (7-12-2018)

Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di  semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Open Defecation Free (ODF) / bebas buang air besar di sembarang tempat merupakan salah satu program  Pemerintah di bidang kesehatan melalui  Kementrian kesehatan bekerjasaama dengan Dinas kesehatan dan puskesmas di kabupaten/kota

Tujuan dari deklarasi ODF adalah untuk merubah prilaku hidup sehat tanpa buang air besar di sembarang tempat,Masyarakat juga harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai dan Buang air besar di sungai dengan ini mustahil tanpa adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dan juga Kepala Desa dan Dinas terkait untuk mewujudkan Kelurahan kampung sewu bebas dari buang air besar sembarangan.
Selama kegiatan berjalan dengan tertib dan aman.

No comments:

Post a Comment