teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Wednesday, January 17, 2018

Peran Aktif Kodim 0735/Surakarta Dalam Pembinaan Seni Budaya Daerah

Surakarta, Hadrah atau dalam bahasa jawa Terbangan adalah seni musik yang islami. Perkembangannya tak lepas dari sejarah dakwah Islam. Seni ini memiliki semangat cinta kepada Allah dan RasulNya. Tidak ada yang tahu secara persis, kapan datangnya musik hadrah di Indomesia. Namun hadrah atau yang lebih populer dengan musik terbangan (rebana bahasa jawa) tersebut tak lepas dari sejarah perkembangan dakwah Islam para Wali Songo. Para Wali songo menggadopsi rebana dari Hadrolmaut sebagai kebiasaan seni musik untuk dijadikan media berdakwah di Indonesia.

Dalam rangka pembinaan dan pelestarian seni budaya daerah maka Kodim 0735 Surakarta berperan aktif untuk mengadakan pelatihan seni hadrah. Dan pada hari selasa tanggal 16 Januari 2018 pukul 09.00 Danramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Kapten Inf Subardi mengadakan latihan dalam rangka pembinaan Hadrah pada siswa- siswi SMKN 7 Surakarta. Bertempat di masjid Al Falaq komplek Kodim 0735 Surakarta.

Sampai saat ini hadrah telah berkembang pesat di masyarakat lndonesia sebagai muslk yang mengiringi pesta pernikahan, sunatan, kelahiran bayi, acara festival seni musik Islami dan dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolahan, pesantren, remaja masjld dan majelis taklim.
 

Danramil 03 Serengan Kapten Inf Subardi  menampaikan "kegiatan tersebut sebagai bentuk peran aktif TNI ( Kodim 0735 Surakarta) dalam pelestarian budaya serta  pewarisan budaya kepada generasi muda, sehingga para pelajar maupun anak muda generasi penerus mengetahui seni dan budayanya. Bukan tanpa alasan. Menurut Kapten Inf Subardi generasi saat ini sedang menikmati kemajuan jaman. terutama di bidang teknologi". Kegiatan seni budaya dinilai sangat penting sebagai wadah untuk menunjukan bakat mereka. 

Danramil berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan, dengan melibatkan anak-anak muda. la menginginkan pembinaan seni budaya Melayu terus dikembangan serta diwariskan kepada generasi muda, sehingga tidak tergerus oleh perkembangan jaman. "Jangan sampai kedepannya banyak generasi muda tidak tahu bahkan melupakan seni budayanya. Ini harus menjadi tanggungjawab kita bersama," tegas Kapten Inf Subardi.
(Pendim 0735 Surakarta)

No comments:

Post a Comment