teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Friday, July 21, 2023

MPLS Siswa Siswi Baru, Babinsa Koramil 05/Pasarkliwon Berikan Materi PBB di SMPN 11 Surakarta


Surakarta - MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merujuk pada kegiatan yang dilakukan siswa atau murid baru saat pertama masuk sekolah. MPLS ini tidak hanya berkaitan dengan lingkungan fisik sekolah saja, namun juga lingkungan non fisik, seperti pengenalan dengan siswa lain, guru, hingga di isi dengan wawasan kebangsaan, pembetukan karakter melalui pelatihan PBB (peraturan baris berbaris).

Seperti yang dilaksanakan oleh Serka Marianto dan Serda Eko S.P selaku Babinsa Koramil 05/Pasarkliwon Kodim 0735/Surakarta yang melaksanakan pemberian materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada seluruh siswa-siswi peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 11 Surakarta Kel. Mojo Kec. Pasarkliwon Kota Surakarta, Jum'at (21/07/2023).

Serka Marianto menyampaikan kepada peserta MPLS bahwa latihan PBB ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian para siswa-siswi agar lebih disiplin, cekatan dan memupuk jiwa Nasionalisme sekaligus untuk membina para siswa-siswi agar terampil dalam melaksanakan kegiatan baris berbaris.

Dalam kegiatan ini Serka Marianto dan Serda Eko S.P melatihkan secara teori dan praktek PBB kepada peserta MPLS, ada banyak materi PBB yang di berikan mulai dari gerakan di tempat, gerakan perubahan arah dan gerakan berpindah tempat.

Terlihat para siswa-siswi begitu antusias dalam menerima materi yang di berikan oleh Babinsa, karena memang Babinsa menyampaikan materi secara simpel dan menggunakan teori praktek yang mudah di terima oleh siswa-siswi SMPN 11 Surakarta.

,”Pelatihan ini tidaklah cukup dengan hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan siswa-siswi adalah untuk menciptakan kader-kader terampil, cekatan dan Cerdas dalam mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat, baik secara fisik maupun mental,”tutur Serka Maryanto.

Sementara itu Kepala SMPN 11 Surakarta, Ibu Hetty, S.Pd menuturkan,” terimakasih yang sebesar-besarnya Babinsa Mojo Koramil 05/Pasarkliwon atas dukunganya menjadi pemateri pada MPLS di SMPN 11 Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024, sehingga peserta MPLS sangat antusias menerima pelatihan PBB yang diharapkan Babinsa bisa bersinergi kedepanya dalam membimbing Siswa Siswi di sekolahnya.

(Arda 72)

No comments:

Post a Comment