teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, January 21, 2019

Tingkatkan Kedisiplinan Dan Loyalitas Prajurit, Kodim 0735/Surakarta Gelar Latihan PBB

Surakarta,Usai pelaksanaan Upacara bendera pada Minggu Militer di Lapangan Upacara Makodim, Jln A.Yani No.349 Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan seluruh Anggota Kodim 0735/Surakarta bersama-sama mengikuti latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan latihan Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), serta latihan Defile yang dilaksanakan di Lapangan Apel Makodim, Senin (21-01-2019).

Latihan PBB dan PUDD dipimpin oleh Bintara Tinggi Operasional (Batiops) Kodim Peltu Kusnanto dan diikuti oleh seluruh Prajurit.    

Peltu Kusnanto saat ditemui usai pelaksanaan latihan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Latihan PBB ini merupakan sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar-dasar keprajuritan.

Profesionalisme prajurit dapat dilihat dari sikap,tingkahlaku,  disiplin, loyalitas, serta militansi yang ditunjukkan dalam kesehariannya. "Latihan PBB dan PUDD merupakan bagian dari pemeliharaan disiplin bagi prajurit sekaligus bertujuan untuk membentuk karakter serta mental prajurit."Tegasnya. 

Lebih lanjut Batiops menegaskan bahwa materi latihan PBB kali ini meliputi gerakan ditempat dan berjalan, baik dengan menggunakan senjata dan tanpa bersenjata.

"Untuk gerakan ditempat kita latihkan hormat senjata, sikap sempurna, lencang kanan, lencang depan,dan juga periksa kerapian, dan untuk gerakan berjalan yakni Langkah tegap, langkah biasa, hormat kanan, dan masih bnyak lagi materi-materi lainnya." Paparnya. 

latihan PBB dan PUDD ini rutin dilaksanakan oleh seluruh prajurit, bukan hanya disaat minggu militer saja, namun rutin dilaksanakan usai melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan pada saat selesai melaksanakan apel pagi setiap harinya.

Peltu Kusnanto menegaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih, membina, dan meningkatkan Disiplin setiap prajurit, baik perorangan maupun tingkat satuan, sekaligus juga untuk membentuk prajurit yang profesional serta Disiplin dalam mengemban tugas-tugas kewilayahan.

"KIta ingat-ingat kembali Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang kita dapatkan semenjak pertama kali menjadi Anggota TNI, Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan jangan malas untuk berlatih, karena semua ilmu yang sudah kita dapatkan akan lupa jika tidak kita pelajari dan kita latihkan." Pungkasnya.

No comments:

Post a Comment