teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Thursday, May 4, 2017

Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2017 Wilayah Kodim 0735/Surakarta

Bertempat di Lapangan Denpal B/04/Surakarta Jl. Soegiyopranoto Kel. Kampung Baru Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah dilaksanakan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2017 dengan tema "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI", dengan Inspektur Upacara Letkol Inf Edwin Apria Candra SE (Dandim 0735/ska) dan sebagai sebagai Komandan upacara Kapten Inf Samingun (Danramil 04/jbs) yang diikuti ± 350 orang. (04/5)
Hadir dalam kegiatan sebagai berikut:
a. Letkol Inf Edwin Apria Candra SE (Dandim 0735/Ska)
b. Letkol Cpt I Komang (Danpusdiktop/ska)
c. Letkol Cpm Sony yusdarmoko (Dandenpom 4/Ska)
d. Letkol Cpl Asep Indra Setiawan, S.Sos (Dan Denpal B-04-12-04 Surakarta)
d. Mayor Kes I Made Slamet (Mewakili Dan Lanud)
e. Kompol  Edi Sulistianto (Kabimas Polresta Surakarta)
f. Letkol Inf M Mohtar (Pasi Ops Korem 074Wrt)
g. Mayor Inf EmRizal (Grup 2 Kopassus)
h. AKP Suwandi (Kapolsek Pasar Kliwon)
i. Drs. Hary Trihatno (Ka Dishub Kota Surakarta)
Adapun susunan Pasukan Upacara sbb :
a. 1 SST Korsik surakarta
b. 1 SST dari DenPom Surakarta
c. 1 SST dari Korem 074/Wrt
d. 1 SST dari TNI AU
e.  1 SST dari SatBrimob
f.  1 SST dari Polresta
g. 1 SST dari Dishub
h. 1 SST dari Linmas.
i. 1 SST dari Satpol PP.
j. 1 SST dari Satgas MTA.
k. 1 SST dari Bela Negara.
l. 1 SST dari Senkom.
m. 1 SST dari LDII.
n. 1 SST dari FKPPI.
o. 1 SST dari Bayomas Surakarta.
Inti amanat Letkol Inf Edwin Apria Candra SE (Dandim 0735/Ska), dalam Penutupan TMMD, yaitu sebagai berikut :
a. Hadirin dan Undangan, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, serta rekan-rekan Media sekalian yang saya hormati, Segenap Prajurit TNI, Polri dan Unsur Satgas TMMD yang saya cintai dan saya banggakan, Sebagai insan yang bertakwa, marilah senantiasa kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik dan ridho-Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Tahun 2017 dalam keadaan sehat wal'aiiat.
b. Selama satu bulan lamanya sejak tanggal 5 April 2017, para prajurit TNI, anggota Polri, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat, telah bekerja keras dengan penuh kebersamaan, dilandasi semangat kemanunggalan untuk menyelesaikan program TMMD ke-98 tahun 2017. Kebersamaan yang ditunjukkan dalam program TMMD ini, semoga saja merupakan refleksi dari kemanunggalan yang hakiki antar segenap komponen Bangsa. untuk mengatasi berbagai persoalan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakekat dari Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara, guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara yang bersifat semesta. sebagai ciri khas Negara Indonesia yang mengedepankan keterpaduan antara TNI dan rakyat. Oleh karena itu pada kesempatan yang sangat baik ini, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD. saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para Gubernur, Bupati/Walikota, kantor kementerian terkait dan semua pihak serta seluruh komponen masyarakat, yang telah bahu-membahu dan saling mendukung sehingga kegiatan TMMD ke-98 ini dapat terselenggara sesuai rencana dengan aman dan lancar .
c.Peserta Upacara dan Hadirin sekalian yang berbahagia, Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa program TMMD dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRl Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD terus diselenggarakan secara intensif dengan lingkup kerjasama yang semakin luas dengan kementeriankementerian terkait. Hal ini dilakukan agar program TMMD, semakin memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih tepat. Perlu saya sampaikan juga bahwa mulai Tahun 2017 ini, program TMMD yang semula diselenggarakan 2 kali dalam setahun, ditambah menjadi 3 kali. Hal ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu akselerasi program pembangunan di wilayah-Mlayah yang sulit terjangkau, juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong. Melalui pelestarian budaya gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD ini, diharapkan kita dapat semakin membentengi din’ dari potensi disintegrasi yang dipicu oleh sentimen perbedaan dan sikap intoleransi. Pada program TMMD ke-98 tahun 2017 ini, secara nasional kita telah menyelesaikan sebanyak 357 sasaran lisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, Selain sasaran fisik, TMMD iuga menyelenggarakan program-program non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Ditengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang diwarnai berbagai permasalahan sangat kompleks.
d. seperti sekarang ini, kegiatan ncn-tisik sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat. Hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan untuk menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa, yang dilancarkan melalui Proxy War, yaitu berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, ancaman terorisme, aksi kriminalitas, kebangkitan komunisme gaya baru serta perang informasi yang melanda hampir ke seluruh peniuru dunia. Oleh karenanya, TMMD andang sebagai salah satu upaya pemerintah melalui TNI AD, untuk membangun dan mempererat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah yang sangat diperlukan dalam membangun ketahanan nasional untuk menjaga tetap tegak nya kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia.
e. Dengan telah berakhirnya pelaksanaan TMMD ke-98 ini, bila terdapat tutur kata dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik sengaja maupun tidak sengaja selama berinteraksi, saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Sebagai penutup amanat ini,
Ada beberapa atensi dan harapan Kami adalah
1). Saya sampaikan kepada para prajurit dan seluruh komponen masyarakat .
2). Mari kita pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan TNlRakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang akan memecah bangsa Indonesia.
3). Semangat gotong royong hendaknya terus dilestarikan. sebagai  warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Keempat,
4). Kepada para Dansatgas TMMD ke-98 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.
5) Kepada para prajurit yang bergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke instansinya masing2 dan melaporkan kegiatan ini ke Komandannya.
(Pns Agus Suyono Dim 0735/Surakarta)

No comments:

Post a Comment