teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Thursday, January 30, 2020

BABINSA KELURAHAN JEBRES SERTU SUWARDI PANTAU GIAT SIDANG SENAT TERBUKA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Selasa tanggal 21 Januari 2020 Pukul 09.30 Wib -12.00 Wib bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram,S.H. Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No 36 A, Kentingan, Kel. Jebres, Kec. Jebres telah berlangsung giat Sidang Senat Terbuka dengan acara Pengukuhan *Prof. Dra. Diah Kristina, MA, Ph.D. sebagaiGuru Besar Bidang llmu English for Speciflc Purpose pada Fakultas llmu Budaya* , *Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si. sebagai Guru Besar Bidang llmu Kimia pada Fakultas Matematlka dan llmu Pengetahuan Alam* dan *Prof. Dr. Mulyanto, M.Pd. sebagai Guru Besar Biang ilmu Pendidikan Seni Rupa Luar Sekolah pada Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret*,  yang dihadiri lk 1000 tamu undangan 

1. Hadir Dalam Giat :
a. Prof. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. (Rektor UNS)
b. Prof. Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D. (FIB UNS)
c. Prof. Dr. Drs. Mulyanto, M.Pd (FKIP UNS)
d. Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si. (F.MIPA UNS)
e. Prof. Muhammad Yunus (Wakil Rektor UNS)
f. Prof. Kuncoro (Wakil Rektor UNS)
g. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H. (Ketua Senat)
h. Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T. (Danlanud Adi Soemarmo)
i. Kompol Suharmono, S.H., M.H. (Kasat Binmas Polresta Surakarta)
j. Kapten Inf Paidi (Danramil 04 / Jebres)
k. Kapten Dana Pranata (Pasilat Grup 2 Kopassus)
l. Anggota Senat
m. Tamu undangan

2. Sambutan Prof. Jamal Wiwoho (Rektor UNS) :

a. Hari ini dengan bangga UNS mengukuhkan 3 Guru Besar dalam bidang kemampuan masing - masing dan guru besar ini adalah orang - orang yang hebat

b. Kami sangat bangga, saat ini sudah ada 211 guru besar di UNS, semoga dengan di kukuhkan sebagai guru besar UNS mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan universitas

c. Sekarang ini konsekuensinya seorang dosen harus mampu beradaptasi dan juga siap menghadapi segala tantangan karena dengan semakin berkembangnya zaman ini kita juga harus bisa berubah dan mengikuti sistem pembelajaran dan kalau bisa mempunyai kreativitas dalam sistem pembelajaran. 

d. salah satu pilar utama untuk pembangunan kualitas manusia SDM yang cerdas sehat serta produktif merupakan faktor utama untuk melaksanakan pembangunan nasional.

e. berbicara dengan sumber daya manusia sangatlah penting karena kita dihadapkan pada persoalan besar akan kebangkitan teknologi dan informasi teknologi dan harus diakui bahwa sangat berat karena seorang dosen harus mempunyai dan juga untuk memberikan solusi untuk mengatasi program atau tujuan dari bangsa.

f. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada ketiga guru besar yang telah mempunyai gelar akademik tertinggi pada hari ini dan semoga selalu diingat ini merupakan suatu mandat penugasan yang diberikan pemerintah kepada seorang dosen di perguruan tinggi berdasarkan pengukuhan dan keamanan dalam suatu disiplin.

g. saya harapkan selalu menjaga dan mengembangkan nilai nilai keilmuan di masa-masa yang akan datang serta sumbangan untuk kemaslahatan umum semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan dan melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada beliau dan juga keluarganya terima kasih pada semua hadirin yang telah mengikuti acara ini mengikuti dengan seksama dan saya mohon maaf apabila ada dalam penyelenggaraan acara ini ada yang kurang berkenan.dari kami cukup sekian dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

3. Pidato pengukuhan Prof. Dra. Kristina, M.A., Ph.D dengan Judul Penciptaan Verbal Branding Produk dan Jasa Berperspektif English For Specific Purposes (ESP) :

a. Yang saya Hormati Rektor, Wakil Rektor UNS, Ketua Senat, anggota Senat, Pejabat sipil, Militer dan Kepolisian, para Dosen, Keluarga dan Tamu undangan

b. Pengaruh digitalisasi di segala aspek kehidupan telah melahirkan cara-cara baru dalam berkehidupan termasuk di dalamnya cara mempromosikan produk dan jasa. Cara-cara konvensional yang mengharuskan tatap muka Iangsung antara penjual dan pembeli memang masih berlangsung, tetapi pelan namun pasti cara berpromosi ini sebagian besar digantikan oleh promosi berbasis teknologi informasi. Sebagai ilustrasi bisa dilihat pada rentang usia mana media digital digunakan secara maksimal di tiga platform media sosial yaitu: facebook, Instagram, dan facebook messenger (Gambar 1.1). Pengguna dengan rentang usia 18-24 tahun dan 25-34 tahun tampak mendominasi secara kuantitatif dengan pengguna pria paling dominan (18% & 19%). Secara keseluruhan, pengguna pria merupakan jumlah terbanyak dari seluruh kategori usia yang ada. 

c. Kehadiran media digital dan media sosial telah mepgubah secara masif gaya hidup kita, bagaimana kita menjalanl kehldupan, berinteraksi dan terkoneksi satu sama lain sehingga jarak dan walftu tidak Iagi merupakan kendala Begitu masifnya peran media digital bagi kehidupan manusia masa kini, Kemp (2019) bahkan berani mengklaim bahwa lebih dari separuh populasi dunia merupakan pengguna aktif internet. 

d. Sebuah produk atau jasa yang memiliki ‘branding’ kuat pada umumnya mempunyai daya pikat yang kuat pula bagi calon pembeli dan menghasilkan loyalitas di kemudian hari. Brand atau merek merupakan identitas perusahaan sekaligus asset tidak hanya bagi perusahaan tetapi dalam skala Iebih luas adalah asset ekonomi nasional (Okten, 2019).Dengan bantuan teknologi, produk dan jasa dihubungkan kepada konsumen atas dasar ikatan emosi sehingga kepuasan memiliki barang atau jasa yang telah dibeli, dan pengalaman yang dirasakan akibat terpenuhinya sensasi kepemilikan barang, menjadi prioritas utama. 

e. English for specific purposes atau disingkat ESP merupakan bidang studi pengajaran bahasa Inggris yang memfokuskan pada penggunaan bahasa secara khusus dalam konteks tertentu. Sebagai sebuah pendekatan terhadap pengajaran bahasa Inggris, ESP mengutamakan penguasaan tata bahasa (grammar), kosa kata (lexis), ragam bahasa, dan wacana (discourse) yang sesuai untuk tujuan berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis berdasarkan konteksnya (Bhatia, 2005; Swales, 2000; Evans& John 1998; Hutchinson & Waters,1987). Belcher (2011) menambahkan pentingnya aspek struktur retoris (rhetorical structure) dalam cakupan ESP. Semenjak itu, lahirlah apa yang disebut dengan ‘tailoring language instruction to meet the needs of learners in a specific context’ yaitu upaya menciptakan pengajaran bahasa Inggris sebagai alat berkomunikasi dengan menyesuaikan konteks situasi dan konteks budaya serta menitik-beratkan pada analisis kebutuhan siswa didik dan kebutuhan komunitas penggunanya. 

f. Sebagai kesimpulan dapat saya sampaikan di sini bahwg narasi merupakan tulang punggung konten web sekaligus menjadi padang kreativitas produsen teks. Ada value yang harus ditonjolkgn dengan ideologi yang berbasis pada DNA perusahaan. Dari sutu lahirlah tagline; narasi persuasif yang memiliki daya pikat dan motivasi agar orang bersedia membeli. Sebuah narasi yang menggerakkan, mengajak, mempengaruhi, menginspirasi agar antipati berubah menjadi simpati, dari simpati bertumbuh menjadi keinginan untuk memiliki, dan dari memiliki lahirlah kebanggaan karena ada nilai tambah yang diperoleh. 

4. Pidato pengukuhan Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si. dengan judul Pemanfaatan Limbah Operasional Pembangkitan Listrik Tenaga Uap Untuk Pembangunan Yang Berkelanjutan :

a. Yang saya Hormati Rektor, Wakil Rektor UNS, Ketua Senat, anggota Senat, Pejabat sipil, Militer dan Kepolisian, para Dosen, Keluarga dan Tamu undangan

b. Pada kesempatan yang berbahagia dan khidmat ini, izinkan saya menyampaikan pidato pengukuhan Guru Besar dalam bidang ilmu kimia dengan judul: “Pemanfaatan Limbah Operasional Pembangkitan Listrik Tenaga Uap untuk Pembangunan yang berkelanjutan”. Saya memilih judul pidato ini didasari dari kenyataan bahwa pemerintah sampai dengan tahun 2028 masih mengandalkan Pembangkitan Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara sebagai alternatif utama untuk memenuhj kebutuhan listrik masyarakat. Selain itu, tema ini diangkat dalam rangka untuk membantu menguatkan perwujudan harmonisasi pengelolaan lingkungan selama kegiatan operasional PLTU. 

c. Dalam proses desalinasi air laut, misal di unit desalinasi PLTU Tanjung J ati B, J epara, J awa Tengah, hanya sekitar 40% air laut yang dapat diubah menjadi air bersih, sedang sisa air laut sebanyak 60% yang disebut dengan brine water (BW) atau reject water akan dibuang lagi ke laut sebagai limbah atau hasil samping. Ini berani, bila satu unit desalinasi membutuhkan air laut sebanyak 350 m3/jam, maka 200 m3/jam BW yang telah mengandung logam alkali dan alkali tanah dalam konsentrasi yang tinggi dibuang begitu saja

d. Beberapa perusahaan PLTU telah berhasil memaksimalkan pengelolaan limbah CFA Salah satu contohnya adalah PLTU Suralaya bersama mitra binaannya, telah memanfaatkan CFA sebagai bahan campuran pembuatan paving block. Untuk memenuhi kebutuhan produksi paving blok ini, dibutuhkan CFA dan CBA dari PLTU sebagai bahan campuran sebanyak 16 ton per dua hari. Begitu pula dengan PLTU Tanjung Jati B (TJB). Dengan berbekal izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam pemanfaatan CFA-CBA, PLTU Tanjung Jati B telah menyulap CFACBA menjadi batako, paving dan beton pracetak yang digunakan untuk kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) pembangunan rumah warga tidak mampu di sekitar pembangkitan tersebut. 

e. Di penghujung pidato ini, perlu kita sadari bersama bahwa menjaga keleatarian bumi dan sistem kehidupan di dalamnya, termasuk kehidupan manusia, adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita masing-masing. Harapan kepada pemerintah agar mendukung dan memfasilitasi penelitian-penelitian pada pemanfaatan abu batubara dan produk yang dihasilkannya yang lebih ramah lingkungan. Sebagai umat yang beriman kita pun harus meyakini bahwa segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT tentu tidak ada yang siasia. Satu sisi ada limbah yang dihasilkan, sisi lainnya mendapat keuntungan dan barokah. 

5. Pidato pengukuhan Prof. Dr. Mulyanto, M.Pd dengab judul Model Pelatihan Pengembangan Desain Batik Pada Usaha Kecil Menengah :

a. Yang saya Hormati Rektor, Wakil Rektor UNS, Ketua Senat, anggota Senat, Pejabat sipil, Militer dan Kepolisian, para Dosen, Keluarga dan Tamu undangan

b. Batik telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Perserikatan Bangsa- bangsa (PBB) sebagai warisan budaya dunia (world heritage) nonkebendaan, pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik merupakan salah satu produk Kreatif (Besemer dan Treffiger, 1981; Zaman, 2011), dan desain motif batik adalah salah satu faktor dominan yang mampu meningkatkan nilai jual produk batik. Dengan demikian, untuk meningkatkan nilai jual batik, perlu ditingkatkan mutu desain motif-motif batik, dan untuk meningkatkan mutu motif batik diperlukan pelatihan pengembangan desain motif bagi pengrajinnya. 

c. Model pelatihan pengembangan desain motif batik ini sesuai dengan teori pembangunan berpusat pada rakyat (people centered development), yaitu bahwa pembangunan harus berorientasi pada peningkatan kualitas hidup manusia, bukan berorientasi pada pertumbuhan ekonomi melalui pasar maupun untuk memperkuat Negara (Korten, 1993). Konsep pembangunan berpusat pada rakyat memandang inisiatif kreatif dari rakyat sebagai sumber daya 
pembangunan yang utama dan memandang kesejahteraan material dan Spiritual sebagai tujuan yang ingin dicapai. 

d. Model pelatihan pengembangan desain batik pada usaha kecil menengah sebaiknya mencakupi enam aspek pelatihan yang saling berkaitan sebagai suatu sistem. Keenam aspek pelatihan tersebut yaitu (1) analisis kebutuhan peserta pelatihan (pendesain motif, pembatik, dan pewarna batik); (2) perencanaan program pelatihan; (3) perencanaan sarana dan prasarana; (4) proses pelaksanaan kegiatan pelatihan; (5) kriteria fasilitator; dan (6) orientasi kebutuhan konsumen, sehingga menghasilkan produk dan dampak. Produk yang dihasilkan berupa peningkatan keterampilan peserta, peningkatan kuantitas produk desain dan peningkatan kualitas produk desain. Peningkatan keterampilan, kualitas dan kuantitas produksi ini akan berimplikasi pada peningkatan upah peserta dan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan.
Selama giat berjalan dengan tertib lancar dan aman.
Demikian yang dapat di laporkan babinsa kel jebres.
Ump.

1 comment:

  1. Selamat Datang di ESIABET πŸ”₯
    Situs Taruhan Bola & Slot Online Terpercaya di Indonesia πŸ’―
    MENANG BERAPAPUN PASTI KAMI BAYAR !!

    PROMO TERBARU ESIABET :
    🚨Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    🚨 BONUS NEW MEMBER UP TO 50%
    🚨 BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    🚨 BONUS DEPOSIT UP TO Rp. 8,000,000
    🚨 BONUS CASHBACK BOLA 10%
    🚨 EVENT PARLAY & WINSTREAK
    🚨 EVENT BONUS FREESPIN PRAGMATIC SLOT 25%
    .
    Link Alternatif ESIABET
    🌐 157,245,145,0 (koma ganti dengan titik bosku)
    🌐 esiabet7 .com

    Tanyakan Info Link Terbaru dan Bonus di WhatsAPP 24 JAM Kami di Nomor +62 859-3259-6161 πŸ“²

    JACKPOT SLOT ONLINE TERPERCAYA 2020

    ReplyDelete