teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, October 15, 2018

Penyuluhan TBC- HIV/AIDS dan Wasbang Nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat mondokan

Pada hari Jum'at tanggal 13 Okt 2018 PKL 19.30 wib bertempat di Pendapi  Alit kelurahan jebres Dalam rangkaian kegiatan non fisik KBD kelurahan Jebres dilaksanakan penyuluhan kesehatan tentang HIV/AIDS oleh Dinas kesehatan kota Surakarta yang disampaikan oleh Bpk Agus Gufron sarjana kesehatan dengan Materi TBC- HIV/AIDS  dan wasbang nilai-nilai Pancasila disampaikan oleh Drs Tamso MM.

Ada Tiga jalur utama (rute) masuknya virus HIV ke dalam tubuh ialah melalui hubungan seksual, persentuhan (paparan) dengan cairan atau jaringan tubuh yang terinfeksi, serta dari ibu ke janin atau bayi selama periode sekitar kelahiran (periode perinatal). Walaupun HIV dapat ditemukan pada air liur, air mata dan urin orang yang terinfeksi, namun tidak terdapat catatan kasus infeksi dikarenakan cairan-cairan tersebut, dengan demikian risiko infeksinya secara umum dapat diabaikan.Oleh karena itu hendaklah tidak melakukan seks bebas dan menggunakan alat pengaman ketika berhubungan suami istri dan jauhi cairan cairan yang sudah terkontaminasi oleh penderita HIV AIDS.

Sedangkan pada penderita TBC hendaklah ada pengawas khusus untuk memantau penderita agar berobat secara teratur dan menjaga agar penderita tidak terinfrksi kembali, karena TBC sangat rentan kembali menyerang penderita jika kesehatannya tidak terjaga.

Bapak Drs.Tamso MM menyampaikan materi wasbang dan nilai nilai Pancasila.
Hal ini yang harus disampaikan kepada masyarakat oleh para Penyuluh saat kegiatan nanti dilaksanakan di sekolah-sekolah. Ini merupakan bagian dari tugas yang harus diemban oleh Kementerian Hukum dan HAM agar sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang wajib diketahui oleh masyarakat luas.

Terutama disaat-saat sekarang ini banyak isue yang mulai bermunculan tentang rongrongan yang tujuannya untuk menggantikan Pancasila sebagai dasar negara. Hal ini tidak boleh terjadi, untuk itu para penyuluh harus sesegera mungkin memberikan penguatan kepada masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila.

Adanya pihak yang tidak memahami sejarah dimana para pendiri bangsa ini telah menyadari bahwa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang sangat heterogen, hanya dapat disatukan dengan suatu ideologi yang mampu mengakomodir keberagaman dan menjadikannya harmoni dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ideologi yaitu Pancasila.
Dalam rangkaian kegiatan KBD nonfisik hadir warga masyarakat mondokan kegiatan lbh 45 org

Selama kegiatan berlangsung dengan lancar dan aman.
Demikian yang kami laporkan.tks

No comments:

Post a Comment