teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Sunday, November 27, 2016

Pembibitan Sayuran di Polibek dan Paralon

Kampung sayur kel. Danukusuman merupakan program unggulan koramil 03 serengan Kodim 0735 Surakarta dalam rangka membantu kesulitan masyarakat sekelilingnya. Selain di kel. Danukusuman sebelumnya Koramil 03 serengan juga membuat kampung ijo di kel. Joyontakan. Dan hasilnya cukup memuaskan. Program ini merupakan hasil kerja sama koramil 03 serengan dengan  dinas pertanian yang peduli terhadap kesulitan masyarakat.

Untuk mendukung agar program ini dapat berjalan dan berhasil dengan baik maka minggu (27/11). Babinsa Kelurahan Danukusuman Serma Yasir Sujoko, Serda Suwarno Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Ska. Melaksanaknan dan mengawasi kegiatan pembibitan tanam sayuran bersama ibu2 PKK kampung Tegalan Rt 04 Rw 7 Kelurahan Danukusuman Kec. Serengan Kota Surakarta.

Selain itu Kampung sayur ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian wilayah kususnya kel. Danukusuman kec. Serengan Surakarta. Untuk sementara program Kampung sayur di kel. Danukusuman baru pada tahap penanaman benih di polibek dan paralon. Di harapkan dalam satu,dua minggu ke depan benih - benih tersebut bisa di pindahkan ke tempat penanaman.
Media dari penanaman cukup mudah. Hanya membutuhkan polibek, paralon, tanah yg sudah di beri pupuk sebagai tempat tanam permanen. Tehnik ini juga dalam rangka pemanfaatan lahan yang begitu minim bahkan nyaris tidak ada. Untuk polibek, paralon dan bibit masyarakat dapat bantuan dari Dandim 0735 serengan letkol inf Ari Prasetya S.E. melalui Danramil 03 serengan Kapten inf Subardi. Tujuan utama dari program ini adalah agar masyarakat dapat menjadi masyarakat yg produktif. Kedua dapat membantu meningkatkan perekonomian karena hasil dari tanam polibek ini dapat di jual dengan harga yg cukup menjajanjikan. Di harapkan masyarakat dapat memenuhi sendiri kebutuhannya terutama kebutuhan akan sayur karena bisa langsung memetik di rumah masing- masing. Sehingga beban ekonomi dapat berkurang. Sampai saat ini penanaman bibit sudah berjalan dengan baik. Agar dapat di pantau dan di awasi perkembangannya maka mulai sejak penyiapan sampai dengan penanaman dan perawatan langsung di awasi oleh instruktur. 
(Pns IT)

No comments:

Post a Comment