teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Tuesday, January 9, 2024

Genjot UMKM di Wilayah Binaan, Babinsa Sondakan Berikan Motivasi Dan Semangat Kepada Pengrajin Batik


Surakarta - Babinsa Kelurahan Sondakan Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta Serka Sanyoto dan Kopda Dede Herman melaksanakan komsos dengan meyambangi Bapak Sigit selaku Pemilik rumah kreatif pembuatan Batik di RT 06 RW 11 Mutihan Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan, Selasa (09/01/2024).

Menurut Serka Sanyoto, Batik merupakan salah satu dari sekian banyak warisan budaya adat kita yang merupakan ciri khas daerah tertentu maupun suatu bangsa, dan identitas suatu negara, yang menjadi pembeda dengan negara-negara lainnya. Indonesia mempunyai beragam ciri kebudayaan dan adat istiadat yang bervariasi salah satunya batik sebagai kekayaan budaya nasional yang mengandung nilai sejarah, ucapnya.

Lanjutnya, selaku Babinsa yang ada diwilayah dirinya memberikan dorongan motivasi dan memupuk semangat para perajin batik sehingga tetap eksis dan dapat meningkatkan produksi batik juga ikut melestarikan warisan budaya nenek moyang terutama Kekhasan daerah yang dimiliki wilayah Sondakan Laweyan.

"Oleh karenanya pengembangan batik terus digenjot,Supaya batik yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sehingga bisa berkompetisi dengan produk sandang pabrikan."tegasnya.

"Di Samping itu diharapkan bisa menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar sehingga dapat mengurangi angka pengangguran," imbuhnya.

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi pengrajin batik dan mengangkat nama daerah atau desa tersebut, serta memajukan UMKM di wilayah kota Surakarta khususnya Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan.”pungkasnya

(Arda 72)

No comments:

Post a Comment