teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Tuesday, August 27, 2019

Budaya Ketoprak masih menjadi tradisi di Wilayah Jebres

Babinsa Kelurahan Tegal Harjo Koramil 04/Jebres Surakarta Sertu Jhony Dedy Tamonob dan Serda Joko Riyanto melaksanakan pemantauan giat budaya Ketoprak pada hari Sabtu 24-08-2019 pkl 19:30 s/d selesai.

Ketoprak (Bahasa Jawa) adalah seni pentas drama tradisional yang diperankan oleh orang dalam rangkaian sebuah cerita dan diiringi dengan musik gamelan jawa dan alat lesung (tempat menumbuk padi) ataupun kentongan untuk alat utama yang diyakini berasal dari kota Surakarta.

Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam, biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa, meski juga ada cerita fiksi.

Kegiatan Ketoprak diselenggarakan dalam rangka rangkaian kegiatan budaya daerah bothelan Kelurahan Tegal Harjo dan puncak kegiatan yang akan diadakan pada hari Minggu 25/8/2019 dengan kirab budaya masing2 RW sekelurahan Tegal Harjo Jebres.

Malam budaya Ketoprak dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh warga Tegal Harjo, kami Babinsa Tegal Harjo berharap kegiatan seperti ini harus tetap di pertahankan dan dilestarikan karena ketoprak adalah salah satu budaya di kota Surakarta.

No comments:

Post a Comment