teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, September 10, 2018

KAPTEN CBA KURDI DANRAMIL PASAR KLIWON MENGHADIRI ACARA PERTEMUAN RUTIN FORUM SILATUROHMI ORMAS ISLAM SURAKARTA DI KANTOR UTARA MASJID AGUNG SURAKARTA

 Selasa tanggal 4 September 2018 pukul 13.00 s.d 14.25 wib bertempat di Kantor Masjid Agung Surakarta Jl. Masjid Besar No. 1 Kel. Kauman Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung Rapat dan Forum Silaturrahmi dengan Agenda Bahasan "Pertemuan Rutin Forum Silaturahmi dan Koordinasi serta Pengecekan Lapangan Persiapan Kegiatan Silaturahmi Akbar Menyambut Tahun Baru Hijriah 1440 H Tahun 2018" yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2018 diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Kegiatan SILATURAHMI AKBAR dengan Penanggung jawab kegiatan M. Burhanudin Hilal (Ketua Panitia Silaturahmi Akbar) yang dihadiri ± 40 orang.

a. Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :
1) KH. Muh Tarom, S.Pd. M.PDi (Takmir Masjid Agung Kota Surakarta)
2) KH Muhamad Halim Nahusurur (Ketua Panitia/Takmirul Islam)
3) Kapt CBA Kurdi (Danramil 05/Psk)
4) Iptu Edy (Kanit Intel Polsek Pasar Kliwon)
5) M. Burhanudin Hilal (Ketua Pagar Nusa NU/Ketua Panitia Pelaksana Silaturahmi Akbar)
6) Ust Muinudinillah Basri, Lc. MA (Ketua DSKS Kota Surakarta)
7) Ust Sihabudin (Iskarima Karanganyar)
8) Ust Soni Parsono (Al Hidayah Solobaru)
9) MF Soemadi (Nahdatul Ulama)
10) Umar Husein Asegaf (Masjid Jami Asegaf)
11) Soewandi (Majelis Mujahidin)
12) Soeprapto (MTA Pusat)
13) Abdul Rochim Ba'asir (Ponpes Al Mu'min Ngruki)
14) Mustaqim (Masjid Agung Surakarta)
15) Purwanto (GM Hotel Lor In)
16) Joko Ichrom als Joko Beras (MMI)
17) Kris Arizal (Pesantren Bisnis Indonesia)
18) Drs. Heru Prayitno (Ketua Satgas MTA)

b. Inti yang disampaikan oleh KH. Muh Tarom, S.Pd. M.PDi (Takmir Masjid Agung Kota Surakarta) sebagai berikut :
1) Sebagaimana tertulis dalam undangan kita disini akan membahas pertemuan teknis dan pematangan panitia Silaturahmi Akbar yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 September besok, semoga besok dapat berjalan lancar dan kemaslahatan umat dapat tercipta.
2) Panitia penyelenggaraan Silaturahmi Akbar yang meliputi Ormas Islam dan Ulama Se Surakarta, sebenarnya agenda ini sudah lama kita agendakan, tujuannya supaya Umat Islam tidak mencari perbedaanya akan tetapi cenderung kepada kebersamaannya sebagaimana yang akan kita laksanakan di Masjid Agung Surakarta.
3) Temu teknis ini dilaksanakan supaya ada sinkronisasi antar Ormas dan Tokoh Ulama dengan Masjid Agung Surakarta, supaya tidak ada permasalahan dan kesalah pahaman terjadi pada pelaksanaan Silaturahmi Akbar 10 September besok.
4) Kita ingin Umat Islam supaya tidak tercabik cabik tanpa melihat kiri kanan sehingga kekuatan Umat Islam menjadi kendor, Silaturahmi Akbar ini merupakan ajang komunikasi sesama muslim se Soloraya. Mudah mudahan kegiatan dpt berjalan dengan lancar tnp ada halangan suatu apapun, utnuk itu kita berada disini utk membahas mekanisme kegiatan Silaturahmi Akbar.
5) Mekanisme teksnis ini untuk mencari solusi terbaik dalam pelaksanaan kegiatan yang akan kita laksanakan, dikarenakan kegiatan tersebut melibatkan komponen seluruh Umat Islam di Soloraya. Momentum ini melibatkan seluruh Ormas, dan tujuan dari kegiatan ini adalah persatuan. Jadi semua Ormas Islam diijinkan mengikuti kegiatan di Masjid Agung, dan kegiatan diharapkan selesai pukul 23.00 dengan peerrtimbangan toleransi kepada warga sekitar Masjid Agung.

c. Inti yang disampaikan oleh Muh. Halim Naharussurur (Takmirul Islam/Ketua Panitia) sebagai berikut :
1) Acara ini sudah kita rencanakan sejak lama, dulu kita juga pernah melaksanakan istighosah yang dihadiri lebih banyak jamaah, kegiatan ini betul-betul lepas dari Politik, lepas Khilafiyah Umat Islam membangun negeri dan mempertahankan negeri ini sehingga seluruh Umat Islam.
2) Selaku Ketua Panitia kami sudah mempersiapkan, selaku MC yaitu Ust Syihabuddin sehingga silahkan disejukkan untuk kebaikan semua, harapan kita silahkan dari teknis yang mengetahui terkait juga pengaturan parkir dan selanjutnya. 

d. Inti yang disampaikan oleh Burhanudin Hilal (Ketua Pelaksana/Ketua Pagar Nusa) sebagai berikut :
1) Sifatnya disini saya sebagai pelayan sesuai apa yang diinginkan oleh para ulama, jadi kegiatan ini bener bener hajat Umat Islam Soloraya. Dimana kita semua akan membahas ttg silturhami Umat, dan saya sudah meyakinkan kepada Wawali, Dandim dan Kapolresta bahwa tema dari Silaturahmi Akbar ini tidak ada sangkut pautnya dengan politik.
2) Disini kami sudah menyiapkan peralatan untuk mengabadikan moment besar ini, dan kami sudah bekerja sama dengan MTA untuk penyiaran video langsung nya. Kami juga akan menggunakan Drone agar semua bs diabadikan dan syukur alhamdulillah bisa kita unggah ke You Tube agar diikuti oleh rekan Muslim kita di seluruh Indonesia.
3) Perijinan/legal formal sudah mendapat persetujuan dari Polresta Surakarta, semuanya logo dan gelar pembicara berubah-ubah, pada prinsipnya semua Elemen Ormas Islam mendukung dan tidak ada yang menolak. Brosur dan Baliho sudah terpasang dan tersebar, untuk Al Hidayah dan MTA untuk menyiarkan, Diskominfo juga telah menyediakan Space untuk memasang Baliho di Pucang Sawit dan Jongke.
4) Untuk Persiapan peserta yang akan ikut dalam acara tersebut cukup banyak, untuk Pengeras suara sudah saya siapkan, untuk panggung nanti saya menunggu konfirmasi dari Masjid Agung. Dan Dekorasi kami buat sebagus mungkin. 
5) Untuk Pengamanan kita melibatkan 100 Satgas MTA, 100 Banser, 100 Kokam, 100 Pagar Nusa dan 100 dari Laskar Islam lainnya. Untuk Parkir di Area dalam Masjid Agung steril parkir.

e. Inti Sambutan Kapt CBA Kurdi (Danramil 05/Psk) sebagai berikut :
Silaturohmi Akbar ini luar biasa dalam hal ini saya mendukung bahwa keamanan ini bukan tanggung jawab TNI polri tetapi ini tanggung jawab kita semua bahwa dan Kami siap membantu Polri dalam pengamanan kegiatan ini.

f. Inti Sambutan Iptu Edi Purwanto, SH (Kanit Intel Polsek Pasar Kliwon) sebagai berikut :
1) Yang saya hormati Pengurus Masjid Agung Surakarta, Para Kyai dan Alim Ulama seta tamu undangan. Saya mewakili Kepolisian mendukung acara ini dan Polri melibatkan anggotanya untuk pengamanan dan peserta Silaturahmi Akbar tersebut, kami akan menyampaikan kepada pimpinan. 
2) Untuk jalur ke Masjid Agung sebenarnya merupakan ranah Dishub namun kami juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait. untuk parkir kami akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, untuk lokasi parkir di Alun-alun utara untuk membuat surat pinjam tempat ke Keraton Surakarta.

g. Adapun 11 item yang menjadi aturan dalam Silaturahmi Akbar sebagai berikut :
1) Materi pengajian tidak mengandung politik.
2) Tidak mengandung unsur provokatif. 
3) Menjaga kebersihan dan kesucian masjid
4) Penyelenggara bertanggung jawab terhadap fasilitas yang digunakan.
5) Menjelang waktu sholat kegiatan dihentikan
6) Tidak diperkenankan membawa atribut di sekitar Masjid Agung
7) Kegiatan diharapkan selesai pukul 23.00 wib, bilamana ada kegiatan yang melebihi maka pengeras suara diturunkan.

h. Adapun Susunan Acara dalam Silaturahmi Akbar tersebut antara lain 
1) Pukul 19.30 Khotmul Qur'an 
2) Pukul 20.00 Sambutan-sambutan 
- Ketua Panitia
- Takmir Masjid Agung
- Pemkot Surakarta
3) Pukul 20.15 Tauziah :
- Habib Sholeh Al Jufri (Habaib)
- Dr Muindinillah basri (DSKS)
- KH. Wahyudin (Ponpes Al Mukmin Ngruki)
- Drs. Subari (Muhamadiyah)
- KH. Sofyan Fauzi (NU)
- Drs. Ahmad Sukino (MTA)
- H. Soni Parsono (Al Hidayah)
4) Pukul 22.15 Wib Penutup dan Doa

No comments:

Post a Comment