teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Wednesday, September 12, 2018

KAPTEN CBA KURDI DANRAMIL PASAR KLIWON MENGHADIRI PEMBUKAAN SIPA 2018 DI BENTENG VAS TENS BURG SURAKARTA

Kamis tanggal 06 September 2018 pukul 15.00 wib - selesai bertempat diBenteng Vastenburg (Areal Dalam) yang beralamat diJln. Jend Sudirman Kel. kedunglumbu Kec. Pasar  Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung giat Solo Internasional Performing Art ( SIPA) 2018 yang mengusung tema "We Are The World, We Are The Nations" dalam kegiatan tersebut selaku penanggung jawab adalah Drs. Hasta Gunawan. MM (Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta) Dan dalam kegiatan tersebut dihadiri lk 7.000 orang.

2. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :
- Bp. Triawan Munaf (Kepala BEKRAF Indonesia).
- Ibu Esthy Reko Astuty, (Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara)
- Ahmad Purnomo Apt. (Wakil Walikota Surakarta)
- Andre Notoharmijoyo (Badan Ekonomi Kreatif RI)
- Mulyoso ( Dispora Kota Surakarta)
- Letkol CPM Gunawan Setiadi (Dan Denpom IV-4 Surakarta).
- Heru Purwadi (Wakil Walikota Jogjakarta)
- Kapt. Mugiyanto (Lanud Adi Sumarmo)
- Kapt. Inf.  R. Tanjung (Pasi Intel KOREM 074 / Wrt)
- Gareng Haryanto  ( Kadin Kota Solo)
- Ibu Hj. Maria ( Anggota DPRD Kota Solo / Komisi III)
- Achmad Yusuf R ( DPRD Kudus)
- Kapt. CBA. Kurdi (Danramil Pasar Kliwon).
- Dr. Eko Supriyanto, MFA.
- Dr. E Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn
- Suslina Sari (La Taman Budaya Lampung)
- Sri Yuwali (Bappeda Prov. Jawa Tengah)
- Kristanto (PMS)
- Putri Pramesti Wigaringtyas (Delegasi)
- Mila Hardian  (Delegasi)
- Regena (Delegasi)

3.Adapun inti Sambutan - sambutan adalah sebagai berikut :
a. Sambutan Ketua Panitia Ibu Direktur SIPA Irawati Kusumorasri :
- Yang terhormat Bp. Triawan Munaf (Kepala BEKRAF Indonesia).
- Ibu Esthy Reko Astuty, (Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara)
- Gubenur Jawa tengah atau yang mewakili.
- Muspida Kota Surakarta.

- SIPA tahun 2018 adalah kegiatan  menginjak penyelenggaraan yang ke-10 kalinya yang mengambil tema "We Are The World, We Are The Nations" Bahwa " Kita adalah satu bangsa satu dunia" menjadi pesan moral yang disampikan  digelorakan dipanggung SIPA 2018.

- Tahun 2018 ini merupakan penyelenggarakan SIPA kali ke-10 sejak kali pertama diselenggarakan ada tahun 2009. Pergelaran pada tahun-tahun sebelumnya, 2009-2017, selalu sukses penyeleng araannya dengan selalu dihadiri tak kurang 10.000 penonton tiap malam, Pertunjukan yang digelar dipanggun SIPA memang selalu istimewa. Melibatkan seniman lintas benua, Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika. Setiap sajian selalu kolosal, dengan memanfaatkan paganggun  spektakuler ; panjang 20 meter dan lebar 16 meter dengan Benteng Vastenburg sebagai latarnya. 

- Kami ucapakan terimakasih atas dukungan semua pihak dari Sponsor dan team dari panitia pemerintah kota Surakarta.

b. Sambutan Walikota Surakarta yang diwakili oleh Wakil Walikota Bp. Dr. H. Ahmad Purnomo. SPT adalah sebagai berikut :
- SAMBUTAN WALIKOTA SURAKARTA PADA SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) 2018
Surakarta, 6-8 September 2018
Selamat Malam. Salam budaya.
Yang saya hormati:
. Muspida Kota Surakarta;
Delegasi peserta SIPA, baik dari luar maupun dari dalam negeri;
. Panitia penyelenggara Para seniman dan budayawan;
. Masyarakat pecinta seni budaya
. Tamu undangan yang berbahagia,

Puji syukur dipersembahkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa atas berkah dan limpahan rahmat-
Nya kita dapat hadir dalam pembukaan Solo International Performing Arts (SIPA) 2018 dengan keadaan sehat dan tanpa kurang suatu apapun. 

Hadirin yang saya hormati,

Pengukuhan Kota Solo sebagai kota budaya dan seni pertunjukkan sudah diakui dunia internasional. Kota Solo, memang menyimpan sejarah bagi pilar peradaban Indonesia. Terlebih dengan semakin beragamnya penyelenggaraan event-event seni budaya yang diadakan dengan tidak pernah meninggalkan jati diri kota. 

Mencitrakan Solo sekarang sebagai Solo Tempoe Doeloe dari sisi budaya adalah pilihan strategis untuk mengangkat reputasi kota. Lebih lagi, sumber daya seni budaya yang ada di kota Solo merupakan unsur potensial yang bisa diangkat untuk menumbuhkan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat secara luas. 

Tahun 2018 telah ditetapkan sebagai Tahun Visit Wonderfull Indonesia. Seluruh kalangan baik pemerintah dan dunia pariwisata bekerjasama dan bahu mambahu menyusun program bersama, memenangkan Indonesia sebagai tujuan utama perjalanan dunia. 

Momentum ‘Dasa Warsa SIPA Karya” dengan tema We Are The Word We Are The Nations akan menjadi pesan moral menggugah kesadaran apresiasi publik terhadap beragam karya seni budaya. Penguatan nuansa etnik, baik kontemporer maupun tradisi dalam pagelaran ini, merupakan upaya untuk membumikan keberagam karya seni budaya yang berbasiskan keanekaragaman identitas lokal, sebagai ciri khas identitas nusantara. Sebuah upaya penghadiran kembali identitas nasional yang dibangun di atas ke-Bhinneka TunggaI Ika-an. 

Selamat dan sukses atas diselenggarakannya SIPA 2018. Mari kita tunjukkan pada dunia, bahwa seni budaya mampu mempersatukan masyarakat dari berbagai ragam perbedaan. 

Sekian dan terima kasih. 

WALIKOTA SURAKARTA 

FX. HADI RUDYATMO 

c. Bp. Triawan Munaf (Kepala BEKRAF Indonesia).

Masyarakat kota Surakarta serta pemerintah dan masyarakat provinsi Jawa Tengah atas penyelenggaraan SIPA yang ke-10 ini saya yakin tidak mudah memulai suatu kegiatan dengan skala seperti ini, Namun lebih tidak mudah lagi untuk menjaga kesinambungan bahkan lebih sulit terus menerus meningkatkanya sehingga SIPA sampai pada tahapan penyelenggaraan saat ini tahun-tahun yang lalu saya selalu diundang dan saya mohon maaf Ibu dan saya berjanji untuk tahun kedepannya saya akan hadir dan ikut mendukung penyelenggaraan festival yang luar biasa ini kalau membandingkan dengan penyelenggaraan setahun yang lalu saya yakin kita semua akan mengatakan bahwa SIPA telah mencapai kemajuan yang sangat mengembirakan sejatinya seni pertunjukan atau merupakan pertunjukan bernilai seni tinggi yang berbentuk Kompleks karena merupakan gabungan antara berbagai bidang seni pertunjukan memiliki berbagai fungsi yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan manusia antara lain fungsi religius, fungsi sosial, fungsi pendidikan estetika hiburan hingga terkecil paling penting untuk kehidupan ekonomi kreatif adalah kondisi ekonomi kekayaan ide karakter dan warisan budaya Indonesia yang multikultural ini terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu merupakan modal utama modal paling penting bagi terus tumbuh dan berkembangnya seni pertunjukan internasional dengan hubungan perkembangan ilmu pengetahuan perkembangan digital multimedia konektivitas yang semakin membahagiakan kita semua dan kolaborasi antar pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional.

Semakin mudah tercipta pendekatan-pendekatan tersebut sangat penting di zaman sekarang konektivitas sangat penting kemarin atau beberapa hari yang lalu saat adalah penemu Alibaba dari Cina yang merupakan platform e-commerce terbesar di dunia waktu di Jakarta di Jakarta yang pertama-tama di cek adalah konektivitas tinggi apa namanya internet yang dia katakan bahwa internet di Indonesia termasuk yang terbaik di dunia untuk itu kita harus bersyukur bahkan beliau meletakkan konektivitas internet lebih penting daripada listrik karena dengan terkoneksinya dunia koneksinya Indonesia dengan 17 di Pulau ini kita akan lebih cepat maju anak muda masih muda akan cepat maju dan berkembang di dunia baru ekonomi kreatif yang dapat mempercepat pertumbuhan subsektor melalui berbagai bentuk kerjasama dan dukungan bekraf seperti juga seperti saat ini.

nilai ekspor ekonomi tahun 2016 ekonomi kreatif menyumbangkan nilai ekspor dengan sejumlah 20 Triliun atau sekitar 13,77% dari nilai ekspor secara keseluruhan di antara  angka tersebut seni pertunjukan merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi setiap tahun  2016 itu peningkatan yang hampir 10% sedangkan masih sangat kecil musik masih sangat kecil tapi seni pertunjukan hampir 10%  seperti ini sebetulnya lebih harus menjadi perhatian Kita semua bapak dan ibu menyaksikan opening dan closing bisnis yang baru kita saksikan berlalu bisa dilihat bahwa apa yang kita miliki warisan kesenian tari warisan budaya lainnya dan bila dipresentasikan dengan cara yang bernilai cara yang bisa menjadikan dunia makanya dengan di mata dunia yang lagi opening dan closing games perolehan medali kita begitu menjadi sekarang menjadi perhatian dunia.

-). Dalam kegiatan SIPA pada hari Kamis tanggal 06 September 2018, akan menampilkan Performer adalah sebagai berikut :
- Holobis (Solo - Indonesia)
- Flying Balloons Puppet (Yogyakarta - Indonesia)
- Opening.
- LeineRoebanna Dance Company (Netherlands)
- Suling bambu Dasarai Lamaknen (Belu- Atambua - NTT - Indonesia)
- Chinese Youth Goodwill Association (Taiwan)
- Gilang Ramadhan (Jakarta - Indonesia) feat Smiet ( Palu - Indonesia)

- ) Catatan :
- Terdapat 6 (enam) delegasi yang akan tampil antara lain Italia, Taiwan, Filipina, Rusia, Korea Selatan dan Indonesia.
- Kegiatan akan berlangsung pada hari Kamis - Sabtu tanggal 06,07 dan 08 September 2018 pukul 15.00 Wib - 23.00 Wib.
- Adapun maskot SIPA 2018 adalah Melati Suryodarmo. Melati adalah alumni Universitas Padjadjaran Bandung jurusan Hubungan Internasional itu, mulai pendidikan seni rupa dan performance di Hochschule Fuer Bildende Kuenste Braunschweig Jerman, dan menyelesaikan pascasarjana pada 2003, sekaligus bekerja dan berkesenian selama 20 tahun di Eropa.

No comments:

Post a Comment