teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Wednesday, December 4, 2019

Pjs Danramil 04/Jebres, Hadiri Lounching Kampus Sehat UNS Surakarta

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait dengan Penyelenggaraan program pencegahan dan pengendalian penyakit dilingkungan perguruan tinggi. Kerjasama ini ditandai dengan Lounching Kampus Sehat oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes dan Rektor UNS, Prof.Dr.Jamal Wiwoho di Gedung dr Prakoso UNS, Jum'at (29/11/2019).

Kegiatan ini di hadiri oleh Dirjen Kesehatan RI Dr. Anung Sugihantono, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, Para Dekan, Dosen, Pjs Danramil 04/Jebres Kpt Inf Narno dan perwakilan Mahasiswa dari seluruh Fakultas yg ada di UNS.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan Indonesia saat ini menghadapi transisi epidemiologi yang mengakibatkan Indonesia mengalami beban ganda penyakit. Terjadi pergeseran pola penyakit, dimana Penyakit Tidak Menular (PTM) meningkat secara signifikan dan menjadi penyebab utama kematian di Indonesia, sementara Penyakit Menular (PM) belum sepenuhnya teratasi dan masih menjadi momok yang menakutkan seperti HIV/AIDS, Tuberkulosis, Malaria, DBD, dan lain-lain. Sebagian besar PTM dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risikonya. Faktor risiko utama PTM adalah merokok, kurang aktivitas fisik, dan pola makan tidak sehat. 

“Untuk itu, Perguruan Tinggi (PT) sebagai wadah pendidikan generasi muda dan juga tempat berkumpulnya kelompok usia produktif yang potensial membentuk agent of change bagi sektor kesehatan dipandang memiliki potensi dan nilai tambah untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Anung.

Sementara sambutan dari Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan, dari 4.600 Perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, baru ada empat kampus yang dicanangkan pemerintah sebagai kampus sehat. Salah satunya adalah UNS.

"Empat kampus itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan UNS,"

UNS, telah mengadakan berbagai kegiatan sebagai rangkaian dari pencanangan kampus sehat.

Misalnya, cek kesehatan secara rutin, utamanya para pimpinan UNS, Ketua dan anggota Senat UNS, dan calon pimpinan UNS. Sehingga semua harus lolos dari cek kesehatan.

No comments:

Post a Comment