teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Wednesday, July 3, 2019

Piket Koramil 03/Serengan Monitoring Pembagian Ayam Gratis di Halaman Kantor Kecamatan Serengan

Surakarta_Harga ayam broiler hidup saat ini anjlok di tingkat peternak, sedangkan PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) bagikan 1.500 ekor ayam gratis, kepada Warga kecamatan Serengan, di depan Kantor kec Serengan jln Veteran, Kota Surakarta, Rabu (26/6/2019) pukul 08.00 Sampe dengan Selesai

Dalam kegiatan ini Peket Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta, Serka M Nur Hakib, Anggota Satpol PP, dan Linmas Kecamatan Serengan, monitoring dan membantu Pengamanan pembagian ayam gratis, dari PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI), kepada warga kecamatan Serengan,  agar pelaksaan Pembagian Ayam bisa berjalan Aman, lancar dan tertib.

Bp Handoko (40 thn) Pemilik PT CPI mengatakan aksi bagi ayam gratis ini untuk menyerukan pada pemerintah dan publik luas di Surakarta jika harga ayam potong saat ini membuat peternak dalam kondisi sekarat dan nyaris bangkrut. Bahkan sebagian tak ada yang berani memelihara ayam lagi.

Sejak September 2018-Juni 2019, harga ayam selalu di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga ayam hidup Rp 18.700 per kilogram atau karkasnnya mencapai HPP Rp 30 ribu per kilogram.

Sementara itu harga daging ayam di pasar selalu di atas HPP yakni Rp 29-30 ribu per kilogram. Padahal para pedagang sendiri hanya membeli dari peternak dengan harga Rp 7-8 ribu per kilogram dengan alasan over supply.

Timpangnya harga kulakan pedagang dengan harga pasaran ini yang membuat peternak resah. Handoko pun heran para pedagang tidak bersedia menaikkan harga beli di tingkat peternak meskipun selisih harga antara di peternak dan di pasaran sangat tinggi.

Idealnya dengan harga pasaran Rp.30 ribu per kilogram itu, harga beli ke peternak bisa separonya lebih, atau sekitar Rp 18-20 ribu per kilogram. "Daripada kami menjual murah tapi masyarakat tetap tidak menikmati harga murah itu, maka lebih baik kami bagikan gratis saja biar publik tahu kondisinya," ujar Handoko.

(IT Koramil Serengan)

No comments:

Post a Comment