teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Tuesday, April 25, 2017

Kegiatan Jumenengan SISK Pakoe Boewono XIII (Raja Kraton Surakarta Ke 13) sebagai Penanggung jawab KGPH Puspo Hadi (Pengageng Putra Sentono Dalem)

Bertempat di Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kel Baluwarti Kec Pasar kliwon Kota surakarta Telah berlangsung kegiatan Jumenengan SISK Pakoe Boewono XIII (Raja Kraton Surakarta Ke 13) sebagai Penanggung jawab KGPH Puspo Hadi (Pengageng Putra Sentono Dalem) yang diikuti LK 1500 orang (22/4)
Hadir dalam Kegiatan Jumenengan antara lain Bapak Enggartiasto Lukita (Menteri Perdagangan RI ), Ibu Siti Nurbaya ( Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bapak H Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Bapak FX Hadi Rudiyatmo (Walikota Surakarta), Bapak Teguh Prakoso (Ketua DPRD Surakarta), Mayjen TNI Tatang Sulaeman (Pangdam IV/DP), Irjen Pol Condro Kirona (Kapolda Jateng) beserta Ibu, H. Kolonel Inf Maruli Simanjuntak (Dan Rem 074/WRT) dan Letkol Inf Edwin Apria Candra SE (Dan Dim 0735/Ska).
Hadir dari Kerabat Keraton antara lain KGPH Panembahan Tedjo Wulan, KGPH Drs DIPO Kusumo,  KGPH MADU Kusumo, GPH Benowo (Ketua Team 5 Satgas Panca Narendra), GPH Hadi Prabowo, GPH Puger, GR Sekar, GKR Indriyah, GKR Koes Supiyah, GKR Koes Isbandiyah (GKR Retno Dumilah), BRAY Timur /Rumbay (Anak Sesuhunan HANGGABEHI ), KPHA Ir. Hari Sulistyono Sosro negoro (Team 5 Satgas Panca Narendra), KPM. Begug  Purnomo Sidi Suro agul-agul S.H., M.M, dan KP. DR. Sugeng Nugroho Dwijo Adiningrat. M.Sn.

Inti Sambutan yang di sampaikan oleh Mentri dalam negri dalam acara jumenengan dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susunanan (ISKS) pakoe boewuno XIII  di kraton Surakarta Hadiningrat. Antara lain :
a. Puji Syukur kehadirat Allah SWT. Tuhan Yang Maha Kuasa. Atas Nama Pemerimah Republik Indonesia. Kami sebagai pembawa amanah Bapak Presiden Republik Indonesia menghaturkan Sugeng "Ingkang Sinuhun Kanjeng Susunanan Palm Buwono XII " yang diadakan hari ini memperingati Jumenengan Dalern lSKS Paku Buwono XIII dl Keraton Surakarla Hadiningrat Semoga dibawah lngkang Sinuhun Kanjeng Susunanan (ISKS) Paku Buwono XIII, yang didampingi‘ Maha Menteri  Kanjeng Gusti (KG.) Panembahan Agung Tedjawulan di Keratan Surakarta Hadiningrat dapat  menjalankan tugas tugasmelestarikan  budaya bangsa. melestarikan adat istiadat budi pekerti luhur kraton filosofi dan seni etika sepperti kegiatan tarian karawuitan dan ketrampilan keraton lainnya.
b. Ingin Saya sampaikan pula bahwa di Pundak Ingkang sinuwun kanjeng susunan ISKS paku buwuno XIII dan maha menteri kanjeng gusti KG.
Panembahan Agung tedjowulan mendapat tugas tugas sebagaimana tertuang dalam amanat undang undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya keputusan presiden nomor 23 tahun 1988 tentang setatus dan pengelolaan keraton kasunanan surakarta dan melaksanakan nota kesepahaman tanggal 22 mei 2012 tentang pelestarian keraton kasunanan surakarta sebagai peninggalan budaya bangsa dan umat manusia.
c. Jumenengan Tanggal 22 April 2017 ini adalah sebagai momentum kebangkitan  seni budaya. Khususnya keraton kasusunan surakarta sebagai barometer perkembangan seni budaya di Indonesia yang dapat menggambarkan budaya itu dengan sebaik-baiknya. Diharapkan pula seni budaya di Keraton Kesunanan Surakarta dapat menjadi industri pariwisata dalam negeri maupun luar negeri . Untuk  itu saya mengingatkan untuk kita semua.
* Keraton kesunanan Surakarta merupakan cagar budaya. peninggalan budaya bangsa yang perlu dipelihara dalam rangka melestarikan kebudayaan nasional dan kepariwisataan.
* Warisan budaya Keraton Surakarta adalah warisan umat manusia yang memurnikan kepribadian bangsa serta dapat menjunjung harkat dan marlabat bangsa Indonesia di Kancah lntemasional.
* Keraton Surakarta perlu dilestarikan keberadaannya karna memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama.
d. Perlu Saya sampaikan dan ingatkan kepada pemangku kepentingan pelestarian seni budaya. bahwa hal ini  sudah diamanahkan oleh Undang-Undang Nomar 23 Tahun 2014 (tentang Pemerintahan Daerah) . Dimana seni budaya sudah menjadi urusan wajib bagi Pemerintah Daerah dan untuk melaksanakannya tentu saja perlu partsipasi masyarakat, khususnya dalam hal ini pihak keluarga Keraton Surakarta.
e. Kerjasama dan partisipasi antara pemerintah kota  Solo dan seluruh Keluarga Keraton Surakarta Hadiningrat, perlu secara aktif merumuskan program-program pelestarian seni budaya, sehingga tujuan yang diamanatkan aleh Paraluran Perundang undangan dapat diwujudkan secara maksimal.
f. Sebelum menutup sambulan ini. Saya menyampaikan ucapan terima  kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Jumenengan ini. khususnya kepada Walikola Solo. Forkopimda Kola Solo, Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah dan Bapak Subagyo HS. (Dewan pertimbangan presiden) yang telah melaksanakan kewajiban secara maksimal sesuai peraturan perundang undangan sehingga terlaksana acara jumenungan ini dengan sukses. Demikian sambutan ini saya sampaikan, sekali lagi saya haturkan selamat dan sukses untuk keraton surakarta hadiningrat.
Catatan :
- Mengingat Kesehatan sinuwun kurang kondusif maka kegiatan di persingkat yang tadi agendanya di perkirakan pukul 13.45 wib di majukan pukul 12.00 Wib kegiatan selesai.
- Dan dengan adanya indikasi dari Pengacara Team 5 akan membacakan maklumat di perkirakan akan menghambat jalannya Prosesi Jumenengan maka sdr Ferry (Pengacara) di amankan oleh polda dan anggota Unit Intel 0735/ska ke sasono Putro.
(Pns Agus Suyono Kodim 0735/Surakarta)

No comments:

Post a Comment