teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Sunday, October 22, 2017

Pengamanan Ringgit Wacucal Sadalu Natas dengan Lakon "Pendowo Pitu" oleh Babinsa Koramil 05 Pasar Kliwon KOdim 0735 Surakarta

Babinsa Kelurahan Baluwarti Serda Tukidi melaksanakan pemantauan dan pengamanan Pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 pukul 20.00 s.d selesai , bertempat di Kagungan Dalem Sasono Mulyo Keraton Surakarta Hadiningrat Jl. Sasono Mulyo Kel. Baluwarti Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah dilaksanakan acara Ringgit Wacucal Sadalu Natas dengan Lakon "Pendowo Pitu"yang diselenggarakan oleh Pangageng Pariwisoto Keraton Surakarta bertindak sebagai Dalang dan Penanggung jawab kegiatan KGPH Benowo yang dihadiri ± 600 orang.
2. Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :
a. SISKS Pakoe Bhoewono XIII
b. Kanjeng Ratu Asih (Istri PB XIII)
c. KGPH Benowo.
d. KPH Hari Sulistyo Nagoro beserta ibu.
e. KGPH Dipo Kusumo beserta ibu.
f. GRAY Ismandiyah.
g. GPH Neno Suryo Wicaksono beserta ibu.
h. Suhadi Wahono, SH (Lurah Baluwarti)
I. Kerabat Keraton.
j. Sentono dan abdi dalem Keraton.
k. Tamu Undangan.
3. Inti sambutan yang disampaikan oleh KGPH Benowo sebagai berikut :
a. Selam sejahtera untuk kita semua, yang saya hormati Kanjeng Gusti Hangabehi beserta Ratu Asih, saudaraku semua yang hadir disini, sentono, abdi dalem dan masyarakat Keraton Surakarta yang saya cintai. Saya berdiri disini atas perintah dari Kanjeng Sinuhun Pakoe Bhoewono XIII, sebelumnya marilah kita bersyukur kepada sang pencipta atas karunianya kita dpt berkumpul disini dalam acara tutup bulan Asyura atau suro. Sudah sejak lama acara ini dilaksakan di Keraton dengan menggelar wayang semalam suntuk pada akhir bulan syuro, karena kegiatan ini sudah menjadi tradisi kebesaran adat Keraton Surakarta Hadiningrat.
b. Banyak kegiatan tradisi Keraton yang dilaksanakan pada bulan syuro ini sesuai dengan Perjanjian Mataram Surokarto dengan Kanjeng Ratu Kidul bahwa Raja harus melarung atau melabuh perangkat Sesajen di Segoro Kidul (Pantai Selatan) sebagai wujud penghormatan kepada Penguasa Pantai Selatan. Maka dari itu saya mewakili Keluarga Besar Keraton Surakarta mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Solo yang hadir pada malam hari ini, marilah bersama kita lestarikan Budaya dan Tradisi Leluhur kita.
c. Acara selanjutnya Penyerahan Wayang Puntodewo dari SISKS Pakoe Bhoewono XIII kepada KGPH Benowo (Dalang).
4. Adapun Personil PAM sebagai berikut :
a. 15 Polsek Pasar Kliwon.
b. 1 Orang dari Koramil 05/Psk.
c. 30 orang Satgas Paseka (Paguyuban Setia Kawan)
d. 9 orang Linmas Kel. Baluwarti.
Catatan :
1. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan Tradisi warisan leluhur sebagai wujud penghormatan kepada Tuhan YME atas perlindungan dan karunianya.
2. Kelompok Dewan Adat Keraton (Kubu Timur) tidak nampak hadir dalam acara Ringgit Wacucal Sadalu Natas yang di gelar di Kagungan Dalem Sasono Mulyo Keraton Surakarta Hadiningrat.
(IT KOdim 0735 Surakarta)

No comments:

Post a Comment