teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Monday, November 27, 2023

Dandim 0735/Surakarta Berikan Materi Kepemimpinan Pada Pembinaan Forum OSIS SMA / MA Se-Jawa Tengah Tahun 2023


Surakarta - Bertempat di Hotel Asia Jl. Monginsidi No.1, Kelurahan Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto S.H.,M.I.P memberikan materi kepemimpinan pada kegiatan Pembinaan Forum OSIS SMA/MA se-Jawa Tengah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 140 orang peserta, Senin (20/11/2023).

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Surakarta Dian Rineta, S.T, M.Si, Staf Bidang PSMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Sumaryati S.E., M.Si, serta Staf Bidang PSMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Marita Anggraini STR. Ip.

Ditegaskan Dandim 0735/Surakarta bahwa kegiatan pemberian materi pada Pembinaan Forum OSIS SMA/MA se-Jawa Tengah Tahun 2023 ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta menambah semangat kepada para siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi, berakhlak dan disiplin agar terhindar dari kegiatan yang melanggar hukum yang dapat merugikan diri sendiri dan juga keluarga.

"Fungsi kepemimpinan bagi para peserta Forum OSIS SMA/MA se-Jawa Tengah Tahun 2023 adalah mencakup berbagai aspek, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sehingga seorang pemimpin harus mampu merumuskan strategi, mengelola sumber daya, memberikan arahan yang jelas, dan mengukur hasil kinerja tujuannya agara adik-adik SMA nanti sebelum lulus dapat membuat perencanaan langkah yang baik untuk mencapai masa depan."tuturnya.

Letkol Inf Eko Hardianto melanjutkan, sifat kepemimpinan haruslah luwes, jangan sampai interaksi antara pemimpin dan pengikut kurang dekat, bersifat diktator, tidak mau menerima saran dan pendapat pengikut, apalagi memerintahkan secara keras dan semena-mena, itu harus dihindari.

“Proses terbentuknya jiwa kepemimpinan ada beberapa pendapat, diantaranya teori pembawaan atau keturunan, dan teori sosial atau pengaruh lingkungan. Sementara tipe kepemimpinan dapat dikelompokan diantaranya kepemimpinan pribadi atau personal, kepemimpinan non personal, kepemimpinan otoriter, kepemimpinan demokrasi, kepemimpinan kebapaan atau paternalistic, dan kepemimpinan keagamaan,”imbuhnya.

"Pengembangan jiwa kepemimpinan yang paling penting dalam satu organisasi atau suatu kegiatan adalah kepemimpinan atau leadership yaitu, kepemimpinan yang bersikap dalam menggerakan orang lain. Tanamkan jiwa kedisiplinan dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan sekolah dan bekerja keras, itu merupakan kunci utama sukses, yang lebih penting lagi hindari hal-hal yang akan merugikan diri sendiri,” tegasnya.

(Arda 72)

No comments:

Post a Comment