teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Thursday, December 24, 2015

Kirab Gunungan Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw

Kamis 24 Desember 2015 pukul 10.00 s/d 11.30 Babinsa Kel. Baluwarti Koramil 05 Pasarkliwon Kodim 0735/Surakarta  Serda Tukidi mengamankan dan memantau kegiatan Kirab Gunungan dari Kraton Puri Kamandungan menuju Masjid Agung Surakarta dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 1437 H/2015 M dengan penanggung jawab KPH. Satriyo Hadinagoro ( Pengageng Parentah Museum Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat) yang diikuti lebih kurang 5000 org.

Inti dari prosesi Kirab Gunungan antara lain :

Dalam prosesi kirab ini di keluarkan 6 Gunungan dan ada dua macam gunungan yang dikeluarkan keraton, yakni Gunungan Jaler (laki-laki) dan Gunungan Estri (perempuan). Gunungan Jaler terdiri dari sayur hasil bumi, Gunungan Estri berupa rengginang Yaitu nasi yang dikeringkan dan aneka masakan lauk pauk. Kedua gunungan tersebut pertanda syukur dari raja kepada rakyatnya.

Prosesi gunungan diawali dari Keraton Kasunanan. Dua pasang gunungan diarak oleh ratusan Abdi Dalem, dengan route Kori Kamandungan (pintu utama Keraton) - Sitihinggil - Pagelaran - Alun Ă€lun Utara hingga halaman Masjid Agung. 

Iring-iringan dikawal oleh Prajurit Keraton dan barisan marching band Keraton Sampai di Masjid Agung pukul 11.15 WIB, gunungan dijajar di halaman masjid, didoakan oleh Ulama Keraton. Namun belum usai didoakan ribuan warga merangsek ke halaman Masjid, untuk berebut isi gunungan. 

No comments:

Post a Comment