teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Friday, May 17, 2024

Suasana Haru Warnai Perpisahan Purna Tugas Babinsa Kepatihan Kulon di Wilayah Binaan


Surakarta - Dengan berakhirnya masa tugas di Wilayah Kelurahan Kepatihan Kulon Kecamatan Jebres, Serma Teguh selaku Babinsa Kelurahan Kepatihan Kulon Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta mendatangi SMP N 26 Surakarta untuk silaturahmi dan berpamitan.

Suasana haru penuh keakraban terlihat di SMP N 26 Surakarta yang mana Kepala Sekolah dan para guru yang sudah sekian lama menjalin silaturahmi dengan Babinsa berbincang-bincang  dan duduk dalam satu meja.

Dikatakan Serma Teguh selama ini dirinya bertugas sebagai Babinsa di wilayah Kelurahan Kepatihan Kulon dan saat ini mendapat kepercayaan untuk menempati jabatan yang baru.

"Harapan kami dengan berakhirnya jabatan saya sebagai Babinsa di Kelurahan Kepatihan Kulon ini tidak serta merta memutus tali silaturahmi, namun justru kita jaga dan kita peihara dimanapun kita berada."uturnya.

"Kami juga berpesan kepada Seluruh Guru SMP N 26 agar selalu bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing, dan mengajar dengan sepenuh hati serta selalu menjaga kekompakan jangan sampai terpecah belah."pungkasnya.

Sementara itu Kepala  Sekolah SMP N 26 Surakarta Ibu Wulan S.Pd,M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Serma Teguh yang selama ini telah banyak membantu sehingga Sekolah ini menjadi lebih baik dan maju.

"Ada pertemuan pasti ada perpisahan kami di bilang sedih karna kehilangan sosok pemimpin yang tegas serta bertanggung jawab sekali lagi terima kasih kepada Serma Teguh semua jasa mu akan selalu kami kenang.tuturnya.

(Arda 72)


Gugah Kesadaran Hukum Dan Tingkatkan Kedisiplinan, Anggota Kodim 0735/Surakarta Terima Penyuluhan Hukum Dari Kumdam IV/Diponegoro


Surakarta – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan taat kepada hukum, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh anggota, dimana dapat merugikan pribadi maupun satuan, anggota Kodim 0735/Surakarta beserta PNS dan Persit Kartika Candra Kirana Cabang L Dim 0735/Surakarta menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluhan Hukum Kodam IV/Diponegoro.

Kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan di Aula Dharmawangsa Komplek Kodim 0735/Surakarta Jln. A Yani No.349, Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan pada Jum'at (17/05/2024) pagi ini mengusung tema "Optimalisasi Peran Hukum Bagi Prajurit, PNS AD beserta Keluarganya Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD, dengan Penyuluh Kapten CHK Pius Sinaga,S.H. dari Kumdam IV/Diponegoro.

Dalam Sambutannya Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto S.H. M.I.P. menegaskan bahwa kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan program dari komando atas untuk memberikan pembekalan hukum kepada prajurit PNS dan Persit agar tertib dan tidak melakukan pelanggaran, serta meningkatkan kedisiplinan, kepatuhan dan ketaatan pada aturan hukum.

“Perlu kita ketahui bersama tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan gambaran sosialisasi serta wawasan, sehingga diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran dan menumbuhkan kesadaran hukum dalam setiap individu prajurit maupun PNS serta keluarganya dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.”tegas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini, anggota maupun PNS dan Persit dapat lebih mengerti lagi aturan dan rambu-rambu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai mana mestinya dan tidak melakukan tindakan diluar kepatutan.

“Saya berharap melalui penyuluhan hukum ini seluruh prajurit PNS maupun anggota Persit mengikuti dan menyimak dengan baik sehingga dalam pelaksanaan tugasnya prajurit berupaya meningkatkan pemahaman terhadap aturan dan mentaati hukum yang telah ditentukan.”pungkas Dandim.

(Arda 72)

Ada Maksud Dan Tujuan Apa Babinsa Joyotakan Datangi SMK Muhammmadiyah 1 Surakarta


Surakarta - Babinsa Kelurahan Joyotakan Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Sertu Harnawan dan Bhabinkamtibmas bersinergi dalam menciptakan wilayah yang kondusif silahturahmi di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta di Jl. Kahayan Joyotakan Serengan,Jum'at (17/05/2024)

Sertu Harnawan menegaskan bahwa tujuannya berkunjung ke SMK Muhammadiyah 1 Surakarta tersebut selain untuk memantau aktifitas di sekolah juga untuk bessilaturahmi serta menjalin hubungan yang baik dengan para guru.

"Kegiatan di wilayah rutin dilakukan guna untuk memantau dan untuk mengetahui perkembang situasi (Bangsit) di wilayah binaan, agar dapat memperlancar tugas dilapangan." tambahnya.

Sementara itu salah satu guru yaitu Bp. Joko (Guru BP) mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kunjungan dan silaturahmi yang dilakukan oleh Babinsa, karena selain untuk bertukar informasi juga saling memberi masukan yang positif guna untuk kemanjuan pendidikan di sekolah.

(Arda 72)

Thursday, May 16, 2024

Pastikan Tepat Sasaran, Babinsa Kelmlayan Bantu Pendistribusian Beras Untuk Warga Masyarakat Kurang Mampu


Surakarta - Babinsa Kelurahan Kemlayan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serda Catur Handoko bersama dengan Bati Komsos Serma Fitalis monitoring dan membantu pendistribusian sembako beras dari bulog  kepada warga masyarakat kurang mampu di wilayah Kelurahan Kemlayan, bertempat di Kantor Kelurahan Kemlayan Jl.Sukareno Rt 01 Rw 05 Kelurahan Kemlayan kecamatan Serengan, Kamis (16/05/2024).

Ditegaskan Serda Catur pembagian sembako hari ini, bagian dari program dari Kemensos   kepada warga masyarakat yang  kurang mampu yang berada di kelurahan Kemlayan dan sudah merupakan kegiatan dari pemerintah selama 3 bulan  sesuai nama nama yang sudah di daftarkan lewat pemerintah kelurahan Kemlayan.

"Untuk pembagian beras ini setiap Kepala Keluarga (KK) mendapat sebanyak 10 kg beras setiap bulan, dan  pembagian beras di wilayah kelurahan Kemlayan sebanyak 210 KK penerima."terangnya.

"Harapan kami agar warga bisa memanfaatkan bantuan  ini sebagai membantu ekonomi warga dan untuk pengambilan bantuan beras ini tidak rebutan dan ikuti aturan antri sesuai nama warga yang menerima surat undangan yang diambil agar kegaiatan bantuan ini berjalan cepat dan lancar."pungkasnya.

(Arda 72)

Peran Serta Babinsa Danukusuman Dalam Gerakan Pangan Murah


Surakarta, Sebagai bagian tugas Binter untuk menjaga kondusifitas dan keamanan wilayah, Babinsa Kelurahan Danukusuman Serda Tito Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Monitor Kegiatan Gerakan Pangan Murah yang di adakan dari Buloq Kota Surakarta bertempat di Kelurahan Danukusuman Jl.Yos Sudarso Kecamatan Serengan.Surakarta. Kamis (16/05/2024).

Kegiatan tersebut disambut positif oleh Lurah Kelurahan Danukusuman karna dengan kegiatan tersebut kami merasa aman dan tertib dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah yang di adakan oleh Buloq Surakarta.

Babinsa menyampaikan dan mengajak Kepada penyelengara Gerakan Pangan Murah yang di adakan dari Buloq kota Surakarta untuk menjaga ketertiban selama kegiatan tersebut 

Adapun Gerakan Pangan Murah yang tersedia antara lain Beras Sphp        : 5 Kg, Bawang merah : 1 Kg, Minyak               : 1 Liter. serta Gula                    : 1 Kg.

(Arda 72)

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan


Surakarta-Ciptakan kedekatan warga binaan,Babinsa Purwodiningratan Koramil 04/Jebres kodim 0735/Surakarta Serda Indra melaksanakan Komsos dengan masyarakat bertempat di lingkungan jl Urip Sumoharjo kelurahan Purwodiningratan Jebres kota Surakarta.Kamis 16/05/2024 pukul 09.00 Wib

Kegiatan Komsos adalah salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsanya. Selain itu kegiatan Komsos ini bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan kegiatan Komsos ini dilakukan karena sudah menjadi tugas pokok sebagai seorang Babinsa yang senantiasa.

Serda Indra menjelaskan Kegiatan Komsos ini juga mencerminkan rasa kemanunggalan TNI khususnya Babinsa dengan masyarakat wilayah binaannya, yang bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara Babinsa dengan masyarakat sehingga tercipta suasana yang harmonis dalam setiap pelaksanaan tugas Babinsa di lapangan guna menambah kedekatan dan mempererat silaturahmi kepada masyarakat supaya aktif dalam kegiatan sehari hari dengan membaur dengan masyarakat.

(Arda 72)

Danramil 01/Laweyan Pimpin Anggota Dan Masyarakat Genjot Pengerjaan sasaran Fisik TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024


Surakarta - Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) adalah sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang dilaksanakan oleh Anggota Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah.

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 kali ini dilaksanakan dengan sasaran perbaikan talud anak kali gajah putih yang berada di Jl.Nangka Raya RT 02 RW 09 Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dengan estimasi panjang 233 m, lebar bawah 140 cm, lebar atas 30 cm, kedalaman 255 cm, dengan melibatan Personel 26 TNI, 1 RST, 5 Polresta Ska, 10 Linmas, 10 MTA, 5 LDII, 20 Masyarakat sekitar.

Sebelum pelaksanaan pengerjaan sasaran fisik, terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Danramil 01/Laweyan Kodium 0735/Surakarta Kapten Inf Trisakti K yang bertujuan untuk memeriksa kesiapan seluruh personel Satgas dan warga juga untuk melakukan pembagian tugas pada masing-masing bagian.

Kepada awak media, Kamis (16/05/2024) Danramil menegaskan Kegiatan TMMD iIni adalah bukti nyata sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat, dimana dalam doktrin TNI masih mengacu kepada sistem pertahanan semesta, jadi dengan sistem doktrin itu hanya bisa dilakukan apabila tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Kegiatan TMMD ini bukan hanya semata-mata memperbaiki aliran sungai/talud anak kali gajah putih, tetapi juga ada kegiatan non fisik diantaranya Posyandu, Posbindu, Stunting, Penyuluhan Wasbang, Bela Negara, Penyuluhan nilai-nilai Ideologi Pancasila, penyuluhan pencegahan penyalahgunaan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan KB, Kes dan Reproduksi Remaja/Calon pengantin, Penyuluhan Mitigasi bencana banjir dan kebakaran, Penyuluhan administrasi kependudukan, bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu, sosialisasi terorisme, mudah-mudahan itu bisa menjadi pemicu semangat juang buat masyarakat."imbuhnya.

"Kita tahu bahwa negara kita ini adalah negara besar, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan pengetahuan masyarakat akan bertambah dan lebih luas, kedepannya bisa dipergunakan serta diimplementasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan itu sendiri."pungkas Danramil.

(Arda 72)


Wednesday, May 15, 2024

Panas Terik Bukan Penghalang Semangat Kemanunggalan Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0735/Surakarta


Surakarta - Tak pandang cuaca panas atau hujan, Sinergitas TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0735/Surakarta tak pernah luntur untuk terus melanjutkan pengerjaan di tiap – tiap sasaran. Semangat gotong royong, saling bahu-membahu terus menghiasi suasana bekerja di setiap sasaran dalam Program TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0735/Surakarta.

Danramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf  Tri Sakti Kristiyoso menegaskan siang ini Rabu (15/05/2024) dirinya bersama-sama dengan warga masyarakat bahu-membahu menyelesaikan pengerjaan sasaran fisik yakni perbaikan Talud Sungai di Jl. Nangka Raya RT 02 RW 9 Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan.

“Inilah bentuk sinergitas kami di lapangan bersama masyarakat yang terus kita tingkatkan, cuaca tak menghalangi kami bersama warga untuk terus bekerja meski kadang diterpa panasnya terik matahari dan siraman air hujan,” terangnya.

Lanjutnya, program TMMD ini bukan hanya untuk membangun infrastruktur saja, melainkan sebagai wujud sinergitas TNI dan Masyarakat dalam kebersamaan mewujudkan pembangunan daerah.

“Kebersamaan inilah yang menjadi penyemangat tersendiri bagi mereka. Sehingga mereka terpacu terus antusias dan semangat dalam bekerja,”ujar Danramil.

"Dengan semakin eratnya sinergitas yang terjalin akan mempermudah dan meringankan kita dalam menyelesaikan pekerjaan."pungkas Danramil.

(Arda 72)

Karya Bakti Daerah Tahap I Dan II di Wilayah Kodim 0735/Surakarta Resmi Ditutup, Seluruh Sasaran Selesai 100 Persen


Surakarta - Bertempat di Halaman Ndalem Kalitan Kelurahan Penumping Kecamatan Laweyan telah dilaksanakan kegiatan Penutupan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap I dan II TA 2024 Kodim 0735/Surakarta yang di selenggarakan oleh pemerintah kota Surakarta bekerjasama dengan kodim 0735 /Surakarta dengan dihadiri 70 orang peserta, Rabu (15/05/2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakoso, Kasdim 0735/Surakarta Mayor Inf Suwarko, A.Md.Para Danramil dan Pasi Jajaran Kodim 0735/Surakarta, serta perwakilan Tokoh Masyarakat dan segenap tamu undangan lainnya.

Kasdim 0735/Surakarta Mayor Inf Suwarko, A.Md.yang menutup langsung kegiatan tersebut dalam sambutannya menegaskan bahwa Program Karya Bakti Daerah adalah program lintas sektoral yang mengakomodasikan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan dan perhatian.

“Kegiatan karya bakti daerah tahap I dan tahap II yang telah dilaksanakan di kelurahan Penumping dan kelurahan Gandekan ini merupakan upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui percepatan pembangunan di Daerah.”tuturnya.

“Kegiatan ini membuktikan bahwa masyarakat dan aparat TNI, POLRI, Pemkot dan Relawan dapat bersinergi dalam pembangunan baik fisik maupun non fisik dalam menjaga keutuhan Negara. melalui pembangunan infrastruktur di tiap Kelurahan, diharapkan meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. kami yakin jika mengatasi semua permasalahan dengan mudah dan menghasilkan karya pembangunan yang optimal.”tegasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya untuk Sasaran Fisik meliputi pembuatan saluran air Sungai sepanjang 426,7 M dengan menggunakan Uditch di Batanghari RW 5 dan RW 6 Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres, dan perbaikan saluran air sepanjang 214 M menggunakan udith di wilayah Kelurahan Penumping Kecamatan Laweyan, seluruhnya selesai 100 Persen..

"Sedangkan untuk Sasaran non fisik meliputi Penyuluhan  wawasan kebangsaan dan bela negara, Penyuluhan penanaman nilai nilai ideologi Pancasila, Penyalahgunaan Narkoba, Penyuluhan KB Kes dan Stunting, Penyuluhan Mitigasi Banjir dan Kebakaran, Penyuluhan pengelolaan sampah, Penyuluhan Administrasi Kependudukan, dan Pembagian sembako pada masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah KBD."pungkas Kasdim.

(Arda 72)

Manfa'atkan Warung Angkringan/Hik Sebagai Sarana Babinsa Kelurahan Karangasem Jalin Silaturahmi Dengan Warga Binaan


Surakarta - Babinsa Kelurahan Karangasem Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta Serka Widada dan Sertu Hidayat Kurniawan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat warga binaan, bertempat di Warung Hik Bapak Sodik Jl.Tanjung Raya Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan, Rabu (15/05/2024).

Komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mendapatkan  berbagai macam informasi yang berkembang diwilayah binaan, selain itu juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara Babinsa dan warga masyarakat sekitar.

"Ditegaskan Sertu Hidayat dari sekian banyak warung hik yang ada, warung hik Pak Sodik adalah salah satu warung yang ramai dan favorit diwilayah Karangasem, buka mulai pagi sampai sore hari, selain harganya yang murah meriah letaknya pun sangat strategis ditambah dengan pemandangan yang cukup nyaman sambil menikmati beberapa minuman seperti kopi, teh kampul, es susu dan berbagai macam jajanan pasar.

"Selaku Babinsa kami sudah berkomitmen untuk selalu ada di tengah-tengah warga binaannya agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik, sehingga berbagai informasi yang ada diwilayah dapat terdeteksi secara dini dan respon cepat, sehingga Babinsa sebagai ujung tombak satuan segera dapat mengambil langkah-langkah yang dapat dilakukan guna memberikan solusi terbaik untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara."pungkas Sertu Hidayat.

(Arda 72)

Babinsa Pucangsawit Himbau Pengepul Barang Bekas Perhatikan Kerapian Dan Kebersihan Lingkungan


Surakarta – Babinsa Kelurahan Pucangsawit Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serda Tarto melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dan memberikan himbauan kepada pemilik usaha pengepul barang bekas yakni Bapak Abdulah yang beralamatkan di Rt 02/06 Kelurahan Pucangsawit Kecamatan Jebres, Rabu (15/05/2024).

Serda Tarto menyampaikan kegiatan komsos bersama warga binaan yang berprofesi sebagai pengepul barang bekas ini bertujuan guna membangun tali silaturahmi sekaligus, menyampaikan himbauan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kerja.

"Himbauan ini sebagai wujud nyata kepedulian kami kepada warga desa binaan khususnya pengepul barang bekas agar usaha rongsokan atau barang bekas yang semula dalam kondisi berserakan dan kumuh menjadi lebih bersih dan rapi tertata."ujarnya.

"Tak lupa juga kami memberikan motivasi dan semangat kerja bagi warga pengepul barang bekas di desa binaannya. diharapkan usahanya semakin berkembang sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya ekonomi keluarga . pungkasnya.

Sementara itu Bapak Abdulah selaku pemilik usaha pengepul barang bekas mengatakan dirinya secara aktif dan telaten berkeliling hingga ke Rw lain untuk mengambil dan mengumpulkan barang bekas. Kemudian di jadikan satu lalu di pilah-pilah berdasarkan kategori jenis rongsok.dan pada akhirnya dijual ke pengepul yang lebih besar.

"Alhamdulillah, berkah usaha rongsok saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Semoga apa yang telah di sampaikan Pak Babinsa ini bisa menambah motivasi dan semangat kerja saya."tukasnya.

(Arda 72)

Tuesday, May 14, 2024

Jelang Penutupan Karya Bakti Daerah Tahap I TA. 2024 Koramil 04/Jebres Bersama Masyarakat Genjot Pengerjaan Finishing


Surakarta - Menjelang Penutupan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap I Ta. 2024 Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta bersama Warga terus bergerak cepat menyelesaikan pengerjaan Finishing KBD di Jl. Sungai Batanghari Rt 01, 02 Rw 05 dan Rt 01 Rw 06 Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres,Selasa ( 14/05/2024 ).

Dalam Pengerjaan Jelang Penutupan Karya Bakti Daerah Tahap I ini meliputi Pembersihan dan Finishing serta Penyiapan Tempat Jelang Penutupan Karya Bakti Daerah dipimpin langsung oleh Danramil 04/Jebres Kapten Cba Tri Rusman Prasetyo. S.Sos dengan penuh semangat bahu -membahu bersama warga dalam menyelesaikan setiap pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Danramil mengatakan gotong royong dan kebersamaan TNI, Pemda dan warga masyarakat selama progres Karya Bakti Daerah dari tanda dibukanya Proyek sampai ditutupnya tanda selesai Karya Bakti Daerah merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan Rakyat. dalam rangka ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Surakarta pada umumnya .

"Dan semoga nanti hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat sekitar, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di wilayah Kecamatan Jebres Kota Surakarta ini."pungkas Danramil.

(Arda 72)

Terjawab..!! Begini Cara Babinsa Jebres Dalam Menciptakan Kekompakan Dan Kebersamaan Dengan Warga


Surakarta - Menjalin hubungan silaturahmi yang baik serta menciptakan kebersamaan dan kekompakan dengan warga binaan adalah merupakan salah satu tugas pokok Babinsa, Salah satunya yaitu dengan melakukan komunikasi sosial dalam menciptakan interaksi serta kekompakan antara Babinsa dan warga binaannya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Jebres Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Taufik M dalam menjalin keakraban dengan melaksanakan Komsos dengan warga binaan di daerah Tegal Kuniran Rt. 02 Rw. 26 Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres, Selasa (14/05/2024).

Dalam kegiatan Komsosnya Serka Taufik mengatakan, kegiatan ini untuk mencerminkan rasa kedekatan Babinsa kepada masyarakat, juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, dengan adanya interaksi komunikasi dengan warga akan dapat mempererat hubungan Babinsa dengan masyarakat di Kelurahan binaan.

"Melalui kegiatan komsos ini kami dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah Kelurahan binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini apabila ada hal negatif yang akan berkembang sehingga dapat di selesaikan dan apapun yang terjadi di Kelurahan binaan tentunya Babinsa dapat mengetahui dan mengerti duduk persoalan dengan baik."pungkasnya.

(Arda 72)

Mengawali Aktivitas, Satgas TMMD Sengkuyung II Laksanakan Apel Pagi


Surakarta - Selasa (14/05/2024) Babinsa  kelurahan kerten Serka Sugiman dan Sertu Bambang Koramil 01 Laweyan melaksanakan  Kegiatan  apel pagi Satgas TMMD sengkuyung II di Jalan Nangka Raya RT 2 RW 9 kelurahan kerten kecamatan Laweyan Surakarta.

Apel pagi ini di pimpin Kapten Trisakti K ,Danramil 01/Laweyan  bertujuan untuk memeriksa kesiapan seluruh personel Satgas dan warga juga untuk melakukan pembagian tugas pada masing-masing bagian.

Sebelum melaksanakan pekerjaan, kita wajibkan personel Satgas TMMD untuk mengikuti apel pagi. Hal ini guna untuk memeriksa seluruh kesiapan, baik personel maupun material berupa alat dan bahan-bahan yang akan digunakan sekaligus pembagian tugas setiap titik dalam pengerjaan sasaran fisik.

Diharapkan setiap personel mengerti akan melakukan apa dan diharapkan dalam pelaksanaannya dengan mengutamakan faktor keamanan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar, tepat sasaran sehingga mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.

(Arda 72)

Cekatan, Disiplin , Babinsa laweyan Berikan Materi PBB Dalam Pelatihan Linmas


Surakarta - Dalam rangka seleksi penerimaan anggota serta peningkatan kapasitas anggota Linmas, Pemerintah kel laweyan menggelar bimbingan teknis dan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas serta seleksi penerimaan linmas yang baru, yang bertempat dilapangan sriwaru kel sondakan kec laweyan kota surakarta Selasa 14 mei 2024 pukul 08.30 wib s.d selesai

Pada  pelatihan yang diberikan kepada Linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan materi PBB serta penekanan tentang pengamanan,  penanganan masalah dimasyarakat, dan juga aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal di wilayah kel laweyan.

Tujuan kegiatan ini adalah guna menjaga kemampuan linmas yang benar benar disiplin berkarakter serta berkemampuan dan siap untuk mengabdi kepada masyarakat serta  Linmas memiliki kapasitas yang baik dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman di bidang pengamanan dan pertahanan, guna menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Linmas sehingga kedepannya lebih baik.

“ Pembinaan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing kelurahan. Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas, serta mendukung tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam pengamanan kegiatan”, ucapnya.

(Arda 72)

Babinsa Danukusuman Berikan Motivasi Dan Sambangi Pelaku UMKM Warung Makan


Surakarta - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Danukusuman Sertu Rochani Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta menyambangi dan motivasi ke wilayah untuk melihat perkembangan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa Pukul 09.00 Wib (14/05/2024)

Kegiatan tersebut sekaligus untuk mengontrol pelaku UMKM secara rutin setiap bulannya, khususnya di wilayah Kelurahan Danukusuman Kecamatan Serengan Kota Surakarta.

Sertu Rochani datang melakukan pemantauan di lokasi Warung Makan milik Ibu Rukinah Rt.02/Rw.01 Danukusuman Serengan Kota Surakarta.

Seperti yang diketahui, UMKM ini adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha yang telah memenuhinya kriteria sebagai usaha mikro seperti pedagang asongan, warung makan, atau toko kelontong, Konter2 HP, dan lain-lainnya, Ungkap Babinsa

Sertu Rochani menyampaikan "Kegiatan yang di laksanakan ini untuk memastikan dengan baik pelaksanaan kegiatan UMKM serta mengontrol harga barang di Wilayahnya.

"Pengawasan tersebut adalah salah satu bentuk kesiapan TNI, untuk menjaga masyarakat supaya minimalisir kemungkinan hal-hal negatif yang akan terjadi". Saya berharap dengan dilakukannya pemantauan pada hari ini, masyarakat terus semangat dalam menjalankan segala aktivitas sehari-harinya serta dapat terpenuhi kebutuhan-Kebutuhan pokok di Wilayahnya,” tutupnya.

(Arda 72)

Pererat Tali Silaturrahmi,Babinsa Kelurahan Sumber Laksanakan Komsos Dengan Linmas Dan Perangkat Kelurahan Sumber


Surakarta,Selasa 14 Mei 2024 Babinsa Kelurahan Sumber,Koramil 02/Bjs,Kodim 0735/Ska Serka Yusuf Dan Serda Dadan melaksanakan Komsos dengan salah satu perangkat Keluraha Pak Tardi dan linmas kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Kegiatan ini merupakan rutinitas Babinsa di wilayah Binaannya selaku aparat Teritorial yang selalu aktif menjalin Komunikasi Sosial bersama seluruh lapisan masyarakat, baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. hal tersebut dilakukannya guna menjalin sinergitas dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Dengan dilaksanakannya Komsos selain mempererat silaturahmi Babinsa juga memberikan motivasi, dorongan dan saran saran yang mungkin bermanfaat guna berkembangnya kegiatan diwilayah sekaligus komsos yang di lakukan ini guna membangun kerjasama dan keharmonisan bersama sebagai rekan kerja serta mengetahui permasalahan atau keluh kesah yang dihadapi.

(Arda 72)

Selalu Aktif Dan Peduli Dengan Warga, Babinsa Joyosuran Bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Komsos


Surakarta. Selasa Tanggal 14.05.2024 pukul 09.30 wib dalam rangka melaksanakan Pembinaan Teritorial di wilayah binaan, Babinsa Joyosuran Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735/Surakarta Sertu Endri bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga binaan bertempat di Kampung Kusumodilagan Rt02 Rw12 Kelurahan Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.

Komunikasi Sosial merupakan salah satu tujuan Babinsa untuk menciptakan dan menjalin keakraban, keharmonisan serta kekompakan dengan masyarakat di wilayah, sehingga Kamtibmas di wilayah akan terjaga, di samping itu guna mempermudah Babinsa mendapatkan informasi situasi yang berkembang di wilayah binaan.

Melalui Komsos akan terjadi interaksi secara langsung dengan warga, sehingga kekompakan dan keharmonisan antara Babinsa dan warga binaanya akan terus terjalin. 

Hal inilah yang dilakukan untuk menjalin rasa keakraban, mengenal serta kebersamaan yang baik dengan masyarakat di wilayah binaan yang menjadi tanggung jawab Babinsa

Di samping itu, kegiatan Komsos yang dilaksanakan tersebut merupakan cerminan Kemanunggalan TNI dengan rakyat , khususnya Babinsa kepada warga masyarakat di wilayah binaan.

Sambangi Pelaku UMKM, Babinsa Kepatihan Kulon Berikan Motivasi Dan Semangat Meningkatkan Usaha


Surakarta - Dalam upaya memberikan semangat dalam meningkatkan usahanya, Babinsa Kelurahan Kepatihan Kulon Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta koptu Rudy melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Pedagang Warung Makan di Kelurahan Kepatihan Kulon Kecamatan Jebres, Senin (13/05/2024).

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa guna menjaga hubungan silaturahmi dan sekaligus mendengarkan apa yang menjadi keluhan warganya terkait pengembangan usaha mereka.

Koptu Rudy mengungkapkan bahwa Pelaku UMKM memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Mereka mencerminkan keragaman sektor usaha dan kontribusi berbagai individu terhadap perkembangan ekonomi lokal dan nasional.

"Dalam komunikasi dengan para pelaku UMKM, kami berharap para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan dukungan terhadap sektor UMKM dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan."ujarnya.

"Para pelaku UMKM merupakan roda penggerak perekonomian yang utama di tengah masyarakat, dan sebagai Babinsa diwilayah binaan, kita harus mendukung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat."pungkasnya.

(Arda 72)

Ada Maksud Apa Babinsa Kelurahan Joyotakan Datangi Ketua RT, Ternyata Ini Alasannya


Surakarta - Babinsa Kelurahan Joyotakan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serka Rumbawa bersama Bhabinkamtibmas Aipda Fajar Melaksanakan Komunikasi Sosial ( Komsos ) dengan mendatangi ketua RT 02/03 Bapak Suparna dan warga, sekaligus monitoring wilayah  bertempat di Rt 02  Rw 03 Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan, Senin (13/05/2024)

Dikatakan Serka Rumbawa Komunikasi Sosial ( Komsos ) merupakan salah satu metode Binter Babinsa untuk meraih hati rakyat  di wilayah dan menciptakan  keakraban, keharmonisan serta kekompakan antara Babinsa,Bhabinkamtibmas dengan masyarakat  dan lebih pentingnya menjalin silahturahmi dengan warga binaannya, sehingga bisa lebih dekat dan mengetahui langsung setiap keluhan warga binaannya dan mempermudah Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendapatkan informasi situasi yang berkembang di wilayah binaannya, baik itu dengan tokoh masyarakat, aparat pemerintah atau warga binaan itu sendiri.

"Melalui komsos dan pemantauan wilayah akan tercipta wilayah yang aman dan terjadi interaksi secara langsung dengan masyarakat terutama warga masyarakat  di wilayahnya ,sehingga terjalin keharmonisan antara Babinsa,Bhabinkamtibmas,tokoh masyarakat , aparat pemerintah dan warga binaannya."ujarnya.

"Disamping itu kegiatan komsos yang dilaksanakan tersebut, merupakan cerminan kemanunggalan TNI Rakyat, khususnya Babinsa kepada masyarakat di wilayah binaanya."tukasnya.

(Arda 72)

Pegawai Kejaksaan Negeri Surakarta di Gembleng Latihan Baris Berbaris Oleh Babinsa


Surakarta - Pengawai baru di lingkup Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Surakarta, digembleng latihan dasar peraturan baris-berbaris oleh Bati Bakti TNI Serma Samsuri bersama Babinsa Kelurahan Kepatihan Wetan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serda Budiono bertempat dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Surakarta Jl. Kepatihan RT 7 RW 1 Kelurahan Kepatihan Wetan Kecamatan Jebres, Senin ( 13/05/2024 ).

Serda Budiono menjelaskan latihan bersama PBB ini sebagai salah satu aplikasi sinergisitas TNI dengan instansi pemerintah guna terwujudnya kondusifitas wilayah. Serta memupuk kembali semangat kejuangan, dan rasa nasionalisme.

"Latihan PBB ini diperlukan untuk mewujudkan kesolidan, loyalitas, kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggungjawab baik pribadi maupun hubungan kelompok dilingkungan kerja," tegasnya.

Menurutnya, pelatihan dasar PBB diberikan sebagai wujud latihan fisik di lapangan guna menanamkan kebiasaan kerjasama, gotong-royong yang diarahkan terbentuknya sikap perilaku seseorang, agar memiliki disiplin yang tinggi, serta tegas dalam mengambil langkah yang cepat dan benar. "Agar nantinya mampu menerapkan baik dilingkungan kantor, maupun dilingkungan masyarakat," harapnya.

Ditempat terpisah Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta Digdiono Basuki Susanto, SH,.MH menyampaikan, pelatihan dasar-dasar PBB dapat meningkatkan kualitas sikap-sikap dan perilaku bagi pegawai ASN Kejaksaan Negeri Surakarta. 

"Berangkat dari pelatihan PBB ini semoga dapat mewujudkan peningkatan kedisiplinan baik dalam keseharian di kantor, maupun melaksanakan tugas-tugas di luar kantor termasuk di dalamnya tugas di ruang sidang," pungkasnya.

(Arda 72)

Tak Kenal Lelah, Melalui KBD Tahap I, Koramil 04/Jebres Tanamkan Semangat Gotong Royong Di Masyarakat


Surakarta - Semangat kebersamaan dan Gotong royong serta terbentuknya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Bersama dengan warga Masyarakat melaksanakan Apel pagi dipimpin langsung oleh Danramil 04/Jebres Kapten Cba Tri Rusman Prasetyo, S. Sos dalam rangka pelaksanaan Karya Bakti Daerah tahap I th 2024 di Jl. Sungai Batanghari RT 01, 02 RW 05 dan RT 01 RW 06 Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres, Minggu ( 12/05/2024 ).

Ditegaskan Danramil Karya Bakti Daerah (KBD)  merupakan program TNI dengan Pemerintah Daerah. Dalam rangka Meningkatan kesejahteraan Masyarakat di bidang Pembangunan baik berupa Bangunan fisik maupun Non fisik dan pengerjaannya disengkuyung secara bersama sama dengan Masyarakat.

Sebelum Pengerjaan dilaksanakan terlebih dahulu dilaksanakan Apel Pengecekan dan Pembagian sektor oleh Danramil 04/Jebres Kapten Cba Tri Rusman Prasetyo. S.Sos agar Pengerjaannya dapat dilaksanakan dengan baik serta tepat sasaran sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.

"Motivasi semangat bekerja dan Gotong royong terus kami sampaikan kepada Personel yang tergabung KBD dengan tidak melupakan faktor keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. di harapkan melalui kegiatan tersebut terciptanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang solid,”Ujar Danramil.

(Arda 72)

Kompak..!! Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah Dan Potong Rumput


Surakarta - Dalam Rangka mewujudkan lingkungan sekitar bersih dan kepedulian terhadap lingkungan, Babinsa Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta, Serka E.Lauwe dan Serda Abdullah bergotong royong bersama Bhabinkamtibmas , dan linmas serta warga masyarakat membersihkan sampah dan memotong rumput bertempat di sekitar kelurahan dan gedung serba guna Jagalan jln surya no 88,kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres,Minggu (12/05/2024).

 Serka E.Lauwe menegaskan kegiatan gotong royong ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di Wilayah binaannya.

“Di samping itu kegiatan ini sangat baik juga untuk memelihara hubungan sosial masyarakat, yaitu meningkatkan silaturahmi dan kerja sama kita dalam menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman dan di harapkan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar,” Ucap Serka Lauwe

Sementara itu, Bapak iriyanto yudha andika selaku lurah menyampaikan terimakasih kepada Babinsa dan bhabinkamtibmas karena kegiatan gotong royong ini terselenggara tidak lain karena peran aktif Babinsa sehingga  terlihat bersih dan rapi dan saya juga melihat warga sangat senang dan antusias dalam mengikuti gotong royong dikarenakan Babinsa juga ikut kerja dalam melaksanakan pembersihan

"ini merupakan kegiatan yang positif serta akan terjalin guyub rukun seperti yang kita harapkan."pungkasnya.

(Arda 72)

Tuesday, May 7, 2024

Kerja Bakti Dan Pembersihan Babinsa Keprabon Bersama Tim Saberling Menyasar Lapangan Pamedan Mangkunegaran


 Surakarta - Babinsa Kelurahan Keprabon Koramil 02/Banjarsari Kodim 0735/Surakarta Serka Daniel dan Serda Sugiyanto bersama Tim Saberling (Sapu Bersih Lingkungan) melaksanakan kegiatan kerja bakti bersih - bersih lingkungan bertempat di Lapangan Pamedan Puro Mangkunegaran jln. Ronggowarsito no.83 kelurahan Keprabon kecamatan Banjarsari, Selasa (07/05/2024).

Kegiatan kerja bakti bersih - bersih lingkungan , di mana Babinsa hadir di tengah - tengah warga masyarakat tersebut merupakan wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TNI selalu dekat dan di cintai rakyat.

"Kegiatan kerja bakti bersih - bersih lingkungan di Lapangan Pamedan Mangkunegaran ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih , rapi , indah dan juga untuk mencegah penyebaran bibit - bibit penyakit."tegas Serka Daniel.

"Dan kami akan terus melakukan kegiatan ini secara rutin dengan harapan lingkungan sekitar kita tetap terjaga kebersihannya."tukasnya.

(Arda 72)

Babinsa Pucangsawit Berikan Motivasi Dan Semangat Kerja Kepada Penjual Sayur Keliling


 Surakarta - Dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi serta menciptakan kerjasama yang baik dengan masyarakat binaan, Serda Tarto selaku Babinsa Kelurahan Pucangsawit Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta melaksanakan kegiatan Komsos dengan pedagang sayur keliling yaini Bapak Suparno yang berada di Rt 02/12, Kelurahan Pucangsawit Kecamatan Jebres, Selasa (07/05/2024).

Komunikasi sosial dengan warga yang merupakan pedagang sayur keliling berada di daerah binaan sembari mengecek harga sembako sekaligus mengetahui situasi Kamtibmas.

Saat bersama Babinsa, Bapak Suparno menceritakan menjadi penjual sayur keliling awal-awal juga masih tertatih-tatih, namun berkat ketekunan, keuletan dan kesabaran bisa sukses dan bertahan hingga saat ini.

“Ketika berjualan, saya punya prinsip bahwa harga sayuran yang dijual jangan sampai membebani pelanggan. Biasanya saya hanya mengambil untung sedikit disetiap sayuran yang saya jual, walaupun harga murah namun kualitas tetap oke,”terangnya.

“Keuntungan yang saya ambil walaupun sedikit saya percaya bahwa ketika membuat pelanggan bahagia maka rezeki kita pun akan dipermudah.”Jelas Bapak Suparno.

Di tempat yang sama, Serda Tarto menambahkan bahwa selain harga serta kesegaran atau kualitas produk yang dijual, untuk menambah dan mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian pada pedagang sayur keliling yaitu bisa dengan keakraban dan keramahan serta pelayanan.

“Apabila ramah pelayanan yang baik pada setiap konsumen pastinya akan timbul keakraban dan bisa jadi langganan belanja,”ucapnya.

“Apalagi menerima pesanan sayuran maupun kebutuhan lainnya bagi warga dan siap antar, itu juga peluang menambah pemasukan.”sebut Serda Tarto

“Selama pekerjaan itu halal serta terus berusaha mencari rizki yang barokah, saya yakin usaha bisa berkembang, pelanggan semakin banyak dan keluarga bisa semakin sejahtera.”pungkasnya.

(Arda 72)

Friday, May 3, 2024

Terjawab...!!! Ternyata Ini Yang Dilakukan Babinsa Manahan Dalam Mewujudkan Lingkungan Yang Bersih Dan Sehat

 




Surakarta - Babinsa Kelurahan Manahan Koramil 02/Banjarsari Kodim 0735/Surakarta Serma Saring dan Serda Supriyadi bersama DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Surakarta melaksanakan kerja bakti pembersihan lingkungan dan perempelan ranting pohon bertempat di Jl. A. Yani, Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari, Kamis (02/04/2024).

Upaya babinsa bersama Dinas Pemerintahan Kota maupun Elemen Masyarakat lainnya rutin dilaksanakan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, bersih dan dan sehat.

"Salah satu kegiatan yang kami laksanakan adalah Kerja bakti bersama DLH Kota Surakarta yaitu Pemotongan Pohon yang menyentuh kabel listrik di beberapa titik pinggir Jalan A. Yhani wilayah Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta."tegas Serma Saring.

"Pohon-pohon maupun Ranting yang menyentuh kabel listrik sangat mengganggu dan berbahaya apalagi saat pohon dalam kondisi basah. Namun di satu sisi pohon-pohon tersebut tidak boleh dihilangkan atau ditebang karena pohon mempunyai banyak manfaat, sebagai sumber oksigen, sebagai Penghijauan, sebagai upaya mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor, sehingga kami laksanakan perempelan ranting-ranting tersebut."ujarnya.

"Beberapa warga yang berdomisili di sekitar pohon yang dilintasi Kabel listrik tegangan tinggi mengaku kawatir karena setiap hujan yang disertai dengan angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang yang berpotensi terjadinya konsleting listrik sehingga akan membahayakan warga sekitar maupun pengguna jalan yang melintas."imbuhnya.

"Harapan kami dengan adanya perempelan ranting pohon ini dapat mengurangi resiko pohon tumbang saat angin kencang, serta lingkungan menjadi nyaman."pungkasnya.

(Arda 72)

Melalui Karya Bakti Daerah Tahap I TA.2024 Koramil 04/Jebres Pelopori Semangat Gotong Royong


Surakarta - Semangat kebersamaan dan Gotong royong serta terbentuknya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Bersama dengan warga Masyarakat dan Instansi terkait melaksanakan Apel pagi dalam rangka pelaksanaan Karya Bakti Daerah (KBD) tahap I Ta. 2024 di Jl. Sungai Batanghari RW 05 RW 06 Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres, Kamis ( 02/05/2024 ).

Karya Bakti Daerah merupakan program TNI dengan Pemerintah Daerah. Dalam rangka Meningkatan kesejahteraan Masyarakat di bidang Pembangunan baik berupa Bangunan fisik maupun Non fisik dan pengerjaannya disengkuyung secara bersama-sama dengan Masyarakat.

Sebelum Pengerjaan dilaksanakan terlebih dahulu dilaksanakan Apel Pengecekan dan Pembagian Sektor oleh Serma Teguh Susanto selaku Bati Komsos Koramil 04/Jebres agar Pengerjaannya dapat dilaksanakan dengan baik serta tepat sasaran sesuai dengan waktu yang telah di tentukan .

"Motivasi semangat bekerja dan Gotong royong kami sampaikan kepada Personel yang tergabung KBD dengan Tidak melupakan faktor keselamatan dan kesehatan dalam bekerja."ucap Serma Teguh.

"Diharapkan melalui kegiatan KBD ini tercipta Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, serta membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan ditingkat daerah."tegas Serma Teguh.

(Arda 72)

Pantau Situasi Pasar, Babinsa Sriwedari Laksanakan Silaturahmi Dengan Pedagang Pasar


Surakarta - Babinsa Kelurahan Sriwedari Koramil 01/Laweyan, Kodim 0735/Surakarta, Sertu Widodo dan Serda Fredo melaksanakan komsos dengan menyambangi pedagang dipasar kembang bertempat di lantai dua Jln. DR Rajiman Kelurahan Sriwedari Kecamatan Laweyan, Jumat (03/05/2024).

Ditegaskan Serda Fredo kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan hubungan silaturahmi serta jalinan komunikasi sosial dengan warga pedagang pasar di wilayah binaan, sekaligus mengetahui situasi dan kondisi keamanan disekitar pasar serta memantau stabilitas harga sembako dipasar.

"Kami juga mengajak kepada  para pedagang agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, sehingga masyarakat dan pedagang merasa aman, serta nyaman di saat bertransaksi jual beli dipasar."imbuhnya.

"Melalui kegiatan ini Babinsa dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah Desa Binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini cegah dini apabila ada hal-hal negatif yang akan berkembang sehingga dapat di selesaikan dengan baik."tukasnya.

(Arda 72)

Dengarkan Keluh Kesah Pedagang, Babinsa Tak Segan Terjun Ke Lapangan Sambangi Pedagang Kaki Lima

 


Surakarta - Babinsa Kelurahan Purwodiningratan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Suparno mendengarkan keluhan warga binaan yang berprofesi sebagai pedagang dengan menyambangi Pdagang kaki lima yang berada di jl Surya no 55 Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Jum'at (03/05/2024).

Ditegaskan Serka Suparno komunikasi terjadi antar sesama individu yang terjadi dalam kehidupannya di masyarakat, memiliki kontek dalam segala dimensi kehidupan manusia hal ini mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun kelangsungan hidup dan memupuk hubungan dengan orang lain guna deteksi dini yang dikakukan guna menciptakan keamanan yang nyaman dan aman serta merupakan suatu keharusan dalam menjaga keamanan wilayah binaan tetap kondusif.

Serka Suparno menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah dan meningkatkan hubungan silaturahmi serta jalinan Komunikasi Sosial dengan warga binaan diwilayahnya sembari bertanya dan mengecek pendapatan saat ini sekaligus mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar lapak daganganya.

"Kami juga mengajak warga binaan agar selalu menjaga kebersihan, sehingga masyarakat dan pembeli merasa aman, serta nyaman di saat bertransaksi di lapak dagangan tersebut."pungkasnya.

(Arda 72)

Babinsa Kelurahan Nusukan Laksanakan Pembinaan Kepramukaan di SMK Mandala Bhakti Surakarta


Surakarta - Babinsa Kelurahan Nusukan, Koramil 02/Banjarsari Kodim 0735/Surakarta Serma M.Nasirin dan Serka Supadmo melaksanakan pembinaan kepramukaan kepada siswa dan siswi SMK Mandala Bhakti Surakarta bertempat di Lapangan Prawit Kelurahan Nusukan, Jalan Sriwijaya Utara II No 06 Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Jum'at (03/05/2024).

Di dalam materi latihan Pramuka tersebut Serma M.Nasirin menyampaikan Lima Krida di antaranya, Krida Mounteniring, Krida Pioniring, Krida Navigasi Darat, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam, Disamping itu banyak materi yang di sampaikan seperti PBB, PPPK, sehingga pramuka punya semboyan ” Salam Pramuka sekaligus memberikan materi cara makan dan minum yang baik biar rapi dan tertib.

Dikatakan Serma M Nasirin kegiatan yang rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk membentuk siswa-siswi SMK Mandala Bhakti Surakarta untuk membentuk karakter anak bangsa yang bisa tumbuh dan berkembang serta bisa bekerja sama baik team maupun kelompok dalam wadah pramuka.

Sementara itu Wali Pembina Sekolah SMK Mandala Bhakti Surakarta Bapak Agus S Menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran bapak TNI AD dari Babinsa Kelurahan Nusukan Koramil 02/Banjarsari yang peduli terhadap siswa-siswi kami dalam mendidik melalui kegiatan Pramuka ini.

(Arda 72)

Siapkan Pertahanan Diri, Kodim 0735/Surakarta Gelar Latihan Beladiri Taktis


Surakarta - Guna mempersiapkan pertahanan diri dan untuk membina fisik anggota, Kodim 0735/Surakarta melaksanakan latihan beladiri taktis bertempat di Lapangan Makodim 0735/Surakarta Jln.A Yani No.349, Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan, Jum'at (03/05/2024).

Perwira Seksi Operasional (Pasiops) Kodim 0735/Surakarta Kapten Cpl Warji menegaskan Beladiri adalah olahraga yang memadukan aktivitas fisik dan seni, teknik untuk membela atau melindungi diri, dan olah batin. Olahraga beladiri ternyata tak hanya menyehatkan tubuh tapi juga bisa menjaga kondisi psikis seseorang dalam keadaan stabil. Menguasai olahraga bela diri membuat kita siap dengan jurus pembelaan diri, siap secara fisik dan mental.

"Manfaat bela diri taktis yaitu menjaga keselamatan diri, menjaga kesehatan fisik serta sebagai pertahanan diri, karena kita tidak tau dalam bertugas bisa saja ancaman datang tidak terduga."tuturnya.

"Selain membutuhkan tenaga yang kuat, bela diri juga menuntut orang untuk bisa lebih fokus, konsentrasi, dan memiliki gerakan respon yang cepat. Nanti ada pelatihan yang disebut dengan attention state training yang berfungsi menajamkan konsentrasi sehingga bisa lebih fokus. Otomatis respon dan koordinasi antara otak dengan gerakan tubuh bisa lebih maksimal."terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan Pasiops berbagai studi menunjukkan bahwa olahraga beladiri dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat sejumlah kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Frekuensi, durasi, konsistensi, dan jenis olahraga memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Untuk itu guna menjaga kebugaran fisik dan untuk kesiapsiagaan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Prajurit Kodim 0735/Surakarta beserta jajarannya secara rutin melaksanakan olahraga yang dilaksanakan setelah melaksanakan apel pagi, baik olahraga ditempat yang berupa Bela Diri Militer taktis, senam maupun olahraga diluar seperti jalan sehat dan jogging." Pungkasnya.

(Arda 72)