teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Saturday, November 4, 2017

Peran aktif Kodim 0735/Surakarta dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan PAM VVIP.

Surakarta, Ju'mat tanggal 03 Nopember 2017 pukul 08.20 s.d 09.32 bertempat di Lapangan Parkir Stadion Manahan Jl.Adi sucipto no.1 Kel. Manahan Kec. Banjarsari Kota Surakarta Anggota Kodim 0735/Surakarta mengikuti Apel Gelar Pasukan Satgas Pamwil Korem 074/Wrt Pengamanan VVIP Presiden RI beserta Rombongan dalam rangka Pernikahan Putri Kahiyang ayu dan Bobby Nasution  yang dipimpin oleh Mayjen TNI Tatang Sulaiman (Pangdam IV /Dip) didampingi  Irjen Pol Condro Kirono (Kapolda Jateng) dan diikuti sekitar 5500 orang. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Mayjen TNI Tatang Sulaiman (Pangdam IV /Dip),Irjen Pol Condro Kirono (Kapolda Jateng),Kolonel Pnb M. Toni Harjono (Danlanud Adi Soemarmo) ,Kolonel Inf Widi Prasetijono (Danrem 074/Wrt), Para Asisten Kasdam IV/Dip atau yang mewakili ,Kombes Pol Eko (Dir Intelkam Polda Jateng) ,Kombes Pol Drs.Hariyanto (karoops Polda Jateng), Kolonel Cpm Rahmad Safari, Sip ( Danpomdam IV/Dip), Para Dandim Jajaran Korem 074/Wrt, Para kapolres se Solo Raya,Para Danyon jajaran Kodam IV /Dip,Drs.Heri Prihatno ( Kadishub Kota Surakarta)' Para kasi, Pasi jajaran Korem 074/Wrt.

Adapun susunan pasukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yakni Sub satgas Walakir,Sub satgas Lanud,Sub Satgas Rute Boyolali,Sub Satgas Alila,Sub Satgas Rute Karanganyar, Sub satgas Rute Surakarta, Sub Satgas Kediaman, Sub Satgas Obyek boyolali,Sub Satgas Danar hadi, Sub Satgas Graha saba, Sub Satgas Donohudan, Sub Satgas Parkir ( Manahan,Sumber,Banyuanyar, VVIP,VIP), Sub Satgas Atmi, Sub Satgas Rute sragen, Sub Satgas Obyek Sragen, Sub Satgas Komplek, Sub Satgas Intel, Sub Satgas Penerangan, Sub Satgas Medis,dan Sub Satgas Cadangan.
 
 
 Amanat yang disampaikan oleh  Mayjen TNI Tatang Sulaiman (Pangdam IV /Dip) :
1) Assalamu’alaikum Wr. Wb., Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua, Syalom, Om Swastiastu. Kapolda Jawa Tengah yang saya hormati, Para Komandan Satuan, Para Kapolres, Para Pejabat dari Pemérintah Provinsi dan Kabupateanota yang saya hormati, Peserta Apel Gelar Pasukan Pengamanan RI 1 yang saya cintai dan saya banggakan. Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena rahmat dan ridhonya, pada hari ini kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat, diberi kekuatan lahir dan batin, dalam rangka melaksanakan tugas Pengamanan Presiden RI. 
2) Berkenaan dengan itu, selaku Pangdam lV/Diponegoro dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya atas kehadiran seluruh personel dan institusi terkait, baik yang terlibat Iangsung maupun tidak Iangsung dalam tugas Pengamanan ini. Selain. itu saya juga mengucapkan terima kasih atas segala usaha persiapan yang telah dilakukan demi suksesnya tugas.Tugas ini merupakan suatu kehormatan karena mengamankan simbol negara yakni kita akan melaksanakan Pengamanan WIP khususnya pada saat Presiden menggelar acara mantu. Kita akan melaksanakan Pengamanan terhadap Presiden, Wakil Presiden, para Dubes negara sahabat dan para pejabat tinggi negara termasuk Panglima TNl, Kapolri dan Kas Angkatan. Pada hajatan Presiden ini juga akan dihadiri oleh sebanyak 7.000 orang relawan Projo dari berbagai daerah. 
3) Pengamanan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan  9 November 2017, di Bandara, StaS'uf‘ Kereta Api, rute-rute yang dilewat.Kediaman Presiden, Hotel dan Penginapan serta tempat acara. Dalam rangka melaksanakan pengamanan tersebut, telah dibentuk organisasi tugas dalam pola penggeiaran pasukan berdasarkan Ring Pengamanan yaitu Ring 1 adalah Paspampres dan BKO nya, sedangkan Ring 2 dan 3 adalah Satgas Pam WIP yang dilaksanakan oleh berbagai instansi yakni TNI, Kepoiisian Republik Indonesia, Dinas Kesehatan, BPOM, Dinas Pehubungan, DLLAJR, Lanud Adi Sumarmo, Lanud Adi Sucipto, Pemadam Kebakaran, PLN, PDAM, dan instansi terkait Iainnya sehingga membutuhkan kerjasama dan sinergitas yang baik. Untuk itu, masing-masing satuan tugas harus menguasai dan melaksanakan tugas sesuai dengan sektor dan wilayah tugasnya masing-masing dengan sebaik-baiknya dan saling berkoordinasi antar satuan tugas demi suksesnya tugas. Terus berkoordinasi dengan pihakpihak terkait termasuk pihak keluarga, katering dan juga awak media. Kuasai setiap titik pengamanan, perempatan jalan, kantong parkir serta obyek kegiatan. Pastikan tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kumpulan massa yang mengakibatkan kemacetan di rute yang dilewati ataupun kericuhan di tempat acara dan penginapan. 
4) Selain itu, juga perlu diwaspadai dan diantisipasi perkembangan situasi walayah dan potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam peiaksanaan tugas seperti aksi unjuk rasa, kemungkinan adanya aksi teror, sabotase, Qangguan di sepanjang rute yang dilewati, adanya spanduk yang bersifat provokatif Vang dipasang di jalan yang digunakan, Sarpras yang digunakan di setiap tempat akomodasi dan acara. Hal itu disebabkan karena wilayah Solo Raya merupakan basis pergerakan kelompok radikal kanan dan banyak terdapat Eks Napiter, sel-sel tidur teroris, serta masih ada sebagian warga masyarakat yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah. Kita tidak boleh kecolongan dan harus semaksimal mungkin melakukan segala upaya untuk mengamankan dan sekaligus menjamin kelancaran seluruh tahapan dan rangkaian kegiatan Presiden RI di wilayah ini. 
5) Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang perlu dipedomani dalam pelaksanaan tugas dilapangan sebagai berikut :
a) Pengamanan VVIP merupakan operasi yang selalu baru dan bersifat dinamis, karena itu harus fokus dalam tugas dan mengantisipasi setiap dinamika AGHT di sektor tugasnya. 
b) Selalu waspada terhadap segala hal yang dapat menghambat dan mengancam keberhasilan dalam pelaksanaan tugas. 
c) Setiap Subsatgas agar melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dan profesional. Jangan membuat kesalahan sekecil apapun. 
d) Lakukan koordinasi dengan semua unsur terkait dengan sebaikbaiknya, agar setiap perkembangan situasi dapat diambil langkah-langkah antisipasi dan tindakan yang tepat. 
e) Taati dan patuhi segala peraturan dan perintah pimpinan, hindari segala perbuatan ataupun kegiatan baik perorangan, kelompok maupun institusi yang dapat menyalahi prosedur pengamanan. 

6) Demikianlah haI-hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian  dalam mengabdi kepada Negara dan Bangsa.

Sertu Pardal Team IT Kodim 0735/Surakarta.

No comments:

Post a Comment