teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Tuesday, July 25, 2017

Danramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta mengikuti penataran kemampuan analisa intelijen Kodam IV/Diponegoro.

Semarang, Danramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf Subardi pada hari Selasa tanggal 25-7-2017 pukul 08.00 mengikuti penataran pengetahuan kemampuan analisa intelijen. Penataran yang di buka oleh Wakil asisten intelijen [waasintel] Kodam IV/ Diponegoro Letkol Inf Priyanto bertempat di Aula Denintel Kodam IV/ Diponegoro.

Dalam amanatnya Waasintel membacakan amanat Asinteldam IV/Dip menyampaikan maksud dari dilaksanakannya pembekalan pengetahuan kemampuan analisa intelijen untuk dapat meningkatkan kemampuan aparat intelijen TNI AD khususnya bagi para Perwira intelijen dalam menganalisa suatu peristiwa guna memberikan saran dan masukan yang tepat kepada pimpinan dalam rangka pengambilan keputusan.
Harapannya melalui penataran ini para peserta agar memiliki daya analisis dan kemampuan deteksi dini dan cegah dini yang tinggi sehingga mampu menganalisa ancaman yang bersifat multi dimensional menyangkut konflik ideologi,politik,ekonomi,sosial budaya,dan Militer baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai aparat intelijen senantiasa dituntut untuk memahami perkembangan situasi dan bentuk-bentuk tantangan yang harus dihadapi serta bagaimana seharusnya merealisasikan tugas-tugas intelijen dalam bidang pertahanan. Tugas ini jelas tidaklah mudah,pengalaman menunjukkan bahwa serangan musuh tidak selalu berupa serangan Militer.Serangan bisa berupa bentuk-bentuk aksi non Militer,yang bersifat Subversif dan merusak kondusifitas serta kehormatan Bangsa dan Negara.

Wilayah Kodam IV /Diponegoro saat ini masih relatif kondusif,namun kita tidak boleh mengesampingkan segala kemungkinan yang dapat terjadi diluar prediksi kita. Perkembangan situasi yang diwarnai dengan kemajuan peradaban manusia dan teknologi,saat ini dapat berimplikasi pada hadirnya dimensi ancaman yang semakin berat dan kompleks,dan menjadi tantangan bagi personil intelijen jajaran Kodam IV /Diponegoro untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya,sehingga produk-produk intelijen selalu aktual dab relevan dengan era terkini serta kontributif bagi keberhasilan tugas pokok.

Mencermati perkembangan situasi di Wilayah Kodam IV/Diponegoro,aparat intelijen dapat berfikir lebih cermat tentang fenomena apa yang sedang terjadi trend saat ini. Hal ini tentunya tidak hanya berkaitan dengan permasalahan ekonomi ataupun perkembangan sosial semata. Pertanyaannya apakah ada masalah lain yang melatar belakangi kejadian tersebut. Hal ini menuntut kejelian dan kepekaan para aparat intelijen dalam menganalisa setiap perkembangan situasi yang terjadi.

Selain itu juga aparat intelijen harus lebih tajam dan akurat dalam menganalisa suatu kejadian di Wilayah masing-masing serta memberikan saran dan masukan yang tepat kepada pimpinan dalam rangka pengambilan keputusan,agar dapat memberikan saran dan masukan yang tepat maka diharapkan setiap aparat intelijen harus rajin mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pokok satuannya. Kemudian dianalisa setiap saat guna mengetahui kemungkinan terjadinya kendala dan hambatan terhadap pelaksanaan tugas pokok satuannya,dengan demikian pimpinan akan selalu mendapatkan intelijen yang cukup guna merumuskan langkah yang tepat untuk menentukan langkah yang tepat dalam pengambilan suatu keputusan.
(IT Kodim 0735 Surakarta).

No comments:

Post a Comment