teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Friday, June 9, 2017

CEGAH BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR KODIM 0735/SURAKARTA PRAKARSAI PEMBUATAN 1000 LUBANG BIOPORI

Surakarta, bertempat di Taman Satwa Taru Jurug(TSTJ) Jln.Ir Sutami No.40,Jebres Surakarta Anggota Kodim 0735/Surakarta bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Surakarta dan Taman Jurug melaksanakan pembuatan lubang resapan biopori,Jum'at(9-6-2017)
Hadir Dalam kegiatan tersebut Kepala staf Kodim (Kasdim) 0735/Surakarta Mayor Didin Nasrudin Darsono,Kepala TSTJ Bpk Bimo,Perwakilan dari BBWS Surakarta Bpk.Arlendenovega Satria
N,serta para Danramil dan Anggota Kodim 0735/Surakarta. Pada kesempatan tersebut Kasdim menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan kerjasama antara Kodim 0735/Surakarta dengan BBWS dan Taman Satwa Taru Jurug,Untuk Materiil serta sarana dan prasarananya disiapkan oleh BBWS,kemudian pihak TSTJ menyiapkan tempatnya,sedangkan kodim 0735/Surakarta menyiapkan Tenaganya dibantu dengan pegawai dari TSTJ dan Linmas Kelurahan Jebres. Pembuatan lubang biopori ini selain untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor juga bermanfaat untuk memaksimalkan air yang meresap kedalam tanah sehingga menambah air tanah serta mengubah sampah organik menjadi kompos.Sampah organik yang dimasukkan kedalam lubang akan menjadi humus dan tubuh biota dalam tanah,tidak cepat diemisikan ke atmosfir sebagai gas rumah kaca,berarti mengurangi pemanasan global dan memelihara biodiversitas dalam tanah. Dengan hadirnya lubang-lubang resapan biopori dapat dicegah adanya genangan air,sehingga berbagai masalah yang diakibatkannya seperti mewabahnya penyakit malaria serta demam berdarah akan dapat dihindari. (Sertu Pardal Team IT Kodim 0735 Surakarta)

No comments:

Post a Comment