teks jalan

Bersama Rakyat TNI Kuat....

Saturday, June 24, 2017

Babnsa Kelurahan Kauman Pantau Giat Pameran Batik Al Qur'an.

Surakarta,Bertempat di komplek Serambi Masjid Agung Kel Kaum Kec Pasar Kliwon Babinsa Kelurahan Kauman koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735/Surakarya memantau dan melaksanakan pengamanan kegiatan Pembukaan Pameran Batik Al qu'ran,Jum'at(23-6-2017).

Bertindak selaku ketua panitia penyelenggara Bapak Heru ( Pengurus Yayasan Indonesia Menulis Alquran). Dengan Tema "Melestarikan Budaya Batik Tulis dan budaya Khaligrafi yang Merujuk Kepada Al Quran Yang diikuti oleh peserta dari pengrajin Batik dan PPTQ masjid Agung sekitar 20 Orang.

Para Peserta Pameran Batik Tulis antara lain dari Paguyuban Kampung Wisata Batik,Ponpes Tahfidz Quran Masjid Agung,LPMK Kel Kauman,Yayasan Indonesia Menulis Alquran ( Yasin Amal),dan juga Peserta umum dari luar solo.

Hadir dalam acara Pembukaan Pameran dan Lomba Batik Tulis Berlafal Al quran antara lain Ketua takmir Masjid Agung Surakarta KH.Muktarom, Kapolsek Pasarkliwon Di wakili oleh Iptu Joko Susanto,Danramil 05 Pasarkliwon di wakili oleh Peltu Sigit DL,Bapak Gunawan ( Pengusaha Batik Gunawan Kauman),dan Para jamaah masjid Agung Surakarta.

Pada kesempatan ini Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta Bpk KH.Drs Muktarom menyampaikan sambutan yang intinya adalah bahwa beliau mengucapakan terimakasih dengan di adakannya Pameran Batik Alquran ini di Serambi Masjid Surakarta agar bisa di kenal dan di pahami oleh para pengunjung Jamaah maajid Agung.

Dengan adanya pameran ini merupakan perpaduan seni batik dan agama di mana yang di tulis adalah Alquran agar bisa lebih mengenal, dan ini merupakan acara yang pertama semoga ini bisa berkelanjutan dan bisa menjadi event nasional.

Sementara itu dari panitia penyelenggara Bapak Heru juga menyampaikan beberapa hal yakni bahwasanya Batik merupakan salah satu karya seniman memiliki nilai filosofi di sebuah kain ada semboyan pengolahan bufi pengerti dalam tuntuntan kehidupan.
Batik sudah di tetapkan oleh Badan PBB Yaitu Unesco sebagai sebagai bahan yang di lindungin hak paten.terutama batik dari Indonesia, dan ini bentuk prihatin pengrajin Batik tulis yang masih sudah langka, maka dengan kegiatan ini akan lahir pembatik tulis yang handal di mulai dengan membatik Alquran.

Karya  Batik Alquran ini selain indah sudah melalui koreksi oleh para ustad, yang berisikan keindahan bertuliskan Alquran. Sebelum kegiatan membatik Alquran ini telah di selenggarakan juga  kegiatan pengeblakan kain  batik Alquran.di dampingi oleh pengrajin Batik dari kauman.Kesenian batik membudayakan menulis Alquran, karena kegiatan ini akan di agendakan kedepannya membatik alquran sebanyak 30 Juz yang akan melibatkan para santri sekota Surakarta yang mana nantinya akan akan di pamerkan.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk keprihatinan mengenai para penulis kaligrafi sekarang ini sudah jarang.tetapi para penghapal Alquran banyak.makanya dengan di adakan kegiatan membatik alquran agar penghapal Alquran dan bisa menulis serta mengamalkannya.Hasil karya Batik tulis ini akan di serahkan kepada Masjid Agung, karena nanti akan di lanjutkan membatik sampai 30 Juz.

Terakhir beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat bagus dalam memgembangkan bakat dalam Membatik tulis bermotif dalam Lafal Arab maupun Alquran.

(IT kodim 0735 Surakarta).

No comments:

Post a Comment